Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif mengajak masyarakat menjaga kedamaian dan persaudaraan dalam menyambut Ramadhan 1445 Hijriah.

"Mari kita sambut datangnya bulan yang suci ini dengan saling menjaga toleransi antarsesama, menjaga persaudaraan dan persatuan serta menciptakan kedamaian agar kita dapat menjalankan ibadah dengan baik," kata Lotharia di Ambon, Selasa.

Di sisi lain, menyikapi masih adanya di beberapa daerah terjadi konflik dan bentrok antarmasyarakat, Kapolda mengimbau agar semuanya dapat menahan diri, sehingga bisa menyambut bulan suci dengan kasih dan damai.

Masyarakat Maluku juga diajak untuk dapat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dan saling menghargai antara satu dengan lainnya.

"Perhelatan pemilu sedang berproses dan apa pun hasilnya agar diterima dengan baik, dan bila ada ketidakpuasan bisa menyalurkan melalui proses hukum yang telah disiapkan," ujarnya.

 

Kapolda juga menyampaikan agar semua warga dapat merajut kembali semangat persaudaraan dan membangun daerah masing-masing ke depan lebih maju untuk anak dan cucu generasi mendatang.

Menurutnya, Provinsi Maluku masih banyak keterbatasan dan ketertinggalan sehingga memerlukan anggaran yang besar untuk membangun kesejahteraan daerahnya. Sehingga anggaran yang selayaknya untuk membangun dan meningkatkan sarana dan prasarana kesejahteraan ekonomi masyarakat bukan habis hanya untuk menyelesaikan konflik dan membangun kerusakan-kerusakan akibat konflik yang terjadi dan terus berulang.

"Hal ini harus dipahami benar oleh masyarakat di Maluku dan konflik-konflik ini harus segera dihentikan dan ditinggalkan demi ingin Maluku ini maju baik manusia maupun kesejahteraannya," terang Kapolda.

Pemda, TNI dan Polri, lanjut Kapolda, terus mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kedamaian dan menjunjung tinggi toleransi guna membangun Maluku menjadi lebih baik.

"Semoga di 2024 ini provinsi Maluku semakin maju dan dapat melewati semua tantangan yang dihadapi," harapnya.

Baca juga: Kinerja dikeluhkan masyarakat, Kapolda Maluku copot Kapolsek Manipa karena jarang berkantor

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024