Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku Utara (Malut) telah menyiapkan uang tunai Rp995 Miliar untuk Ramadan dan Idul Fitri 2024, dimana jumlah ini naik sebesar 3 persen jika dibandingkan dengan kebutuhan 2023.

"Memang, untuk peningkatan tersebut dilihat dari sejumlah faktor seperti pertumbuhan ekonomi, estimasi kebutuhan perbankan, dan pergerakan masyarakat, tentunya ini dibarengi peningkatan mobilitas masyarakat pada momentum mudik lebaran, baik antar kecamatan, kabupaten/kota maupun Provinsi Malut," kata Kepala Perwakilan BI Maluku Utara, Dwi Putra Indrawan di Ternate, Selasa.

Ia mengatakan, kesiapan uang itu, terdiri dari 70 persen Uang Pecahan Besar (UPB) dan 30 persen Uang Pecahan Kecil (UPK) yang digunakan untuk layanan penukaran.

Begitu pula, dalam mengantisipasi kebutuhan masyarakat saat Ramadhan dan Idul Fitri 2024, pihaknya telah menyiapkan uang kartal sebanyak Rp1,2 triliun, sehingga, masyarakat diharapkan mampu menggunakan Rupiah secara bijak di bulan Ramadhan dan belanja sesuai kebutuhan dan beli produk dalam negeri.

Dirinya menambahkan, terhitung mulai 15 Maret hingga 7 April 2024, masyarakat dapat melakukan penukaran uang Rupiah melalui Layanan Kas Keliling Bank Indonesia sebanyak 449 titik dan di 4.264 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk Provinsi Malut, Bank Indonesia bersama Perbankan yang beroperasi di Maluku Utara yakni ada 17 Bank akan membuka layanan penukaran dengan jumlah total 60 jaringan kantor bank di seluruh wilayah kabupaten/kota dengan catatan bahwa Layanan penukaran di bank dimulai pada tanggal 1-5 April 2024 dan disesuaikan dengan jam operasional masing-masing bank.

Oleh karena itu, kata Dwi, Bank Indonesia senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas program SERAMBI setiap tahunnya.

Pada tahun ini penguatan program diantaranya penambahan jumlah paket penukaran menjadi maksimal Rp 4 juta dari pada tahun 2023 sebesar Rp 3,8 Juta dengan pembagian pecahan dan nominal sebagai berikut.

Selain itu, terdapat layanan tambahan yang meliputi penukaran UPK75RI dan uang logam.

Dirinya menambahkan, pada program SERAMBI 2024 di Provinsi Maluku Utara terdapat tiga kegiatan utama yaitu LALAMPA (LAyanan kas keLiling bersAMa PerbAnkan), NASI PULO (layaNAn dan SInergi Penukaran Uang Bersama buLOg), dan KOLAK KASBI (KOLAborasi Kegiatan periKAnan Sinergi dengan BI).

Program LALAMPA merupakan program kas keliling yang bekerjasama dengan perbankan. Di sisi lain, NASI PULO dan KOLAK KASBI merupakan program sinergi dengan BULOG dan Dinas Perikanan Provinsi Maluku Utara untuk penyelenggaraan Pasar Murah produk komoditas pangan (beras, minyak goreng, gula pasir) dan Ikan yang lokasinya bersifat mobile bersamaan dengan program layanan Kas Keliling Bank Indonesia.

Sehingga, tiga program LALAMPA, NASI PULO dan KOLAK KASBI tersebut kami berikan jadwal sebagai berikut. Terdapat 11 titik lokasi yang tersebar di seluruh Kota Ternate.

Namun demikian jadwal yang kami tampilkan saat ini dapat berubah sehingga masyarakat diharapkan untuk dapat memantau terus media sosial Bank Indonesia Maluku Utara.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024