Direktorat Polairud Polda Maluku Utara (Malut) menggelar patroli perairan dengan melibatkan personel Polairud untuk menjaga dan meningkatkan suasana kamtibmas dan lingkungan laut di sekitaran Pulau Kota Ternate.

"Tentunya personel Dit Polairud melakukan patroli perairan bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan kamtibmas dan mencegah tindak kejahatan para pelanggar hukum yang beroperasi melalui jalur laut," kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Bambang Suharyono di Ternate, Rabu.

Di samping itu, personel Polairud memberikan pesan-pesan kamtibmas dan imbauan kepada para nelayan agar selalu berhati-hati saat melaut,terutama saat cuaca laut buruk dengan angin kencang dan gelombang tinggi dengan dihimbau untuk kembali ke pinggir atau pantai.

Selain itu, Dit Polairud juga melakukan monitoring terhadap aktivitas kapal-kapal yang berlabuh di pelabuhan untuk memastikan tidak adanya kegiatan ilegal seperti penyelundupan barang terlarang.

Kegiatan patroli ini merupakan bagian dari upaya Polda Maluku Utara dalam memastikan keamanan dan ketertiban di perairan wilayahnya, serta menjaga kelestarian lingkungan laut dan ekosistemnya untuk generasi penerus.

Baca juga: Dit Polairud Polda Malut siapkan dua ribu buku bacaan untuk anak

"Dengan mengingatkan agar tidak menggunakan metode pencarian ikan yang merusak ekosistem laut, seperti menggunakan bom atau racun yang dapat berdampak negatif pada lingkungan laut," ujarnya.

Sementara itu, Personel Dit Polairud Polda Malut, Bripka Ramli Asrul dihubungi menegaskan pentingnya kerjasama antara aparat keamanan dengan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di perairan, serta menjaga ekosistem laut agar tetap lestari.

Sementara itu, personel Ditpolairud, mereka akan menyiapkan beberapa armada yang ada untuk melakukan patroli pengamanan mudik dan armada yang ada juga akan dimanfaatkan untuk melakukan patroli.

Dia mengatakan, pengamanan angkutan lebaran itu akan terfokus pada beberapa pelabuhan penyeberangan di Kota Ternate baik di pelabuhan Ahmad Yani Ternate, pelabuhan feri hingga pelabuhan perahu cepat termasuk di bandara.

Ia mengakui, penempatan personel ini, akan bergabung dengan tim operasi ketupat jelang lebaran yang dilaksanakan secara terpusat di seluruh Polda di Indonesia termasuk di Polda Maluku Utara. "Nanti akan ada operasi ketupat, dan anggota kita akan tergabung di operasi ketupat itu, karena itu adalah operasi terpusat yang dilaksanakan di tingkat daerah," ujarnya.

Baca juga: Ditlantas Polda Malut bagi-bagi takjil selama bulan suci Ramadhan
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024