DPRD Kabupaten Buton Selatan dan Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), secara bersamaan melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kota Ambon, Maluku untuk belajar percepatan pengembangan pasar.

“Kehadiran DPRD Buton Selatan dan Tengah Itu untuk mempelajari dorongan percepatan pengembangan pasar, penetapan APBD dan pengelolaan aset,” kata Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon Christianto Laturiuw, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, sebagai kabupaten baru, DPRD Buton Tengah dan Buton Selatan tentu perlu mengetahui banyak hal guna pengembangan daerah mereka.

Makanya, cara efektif yang dilakukan yakni dengan menggelar studi tiru pada daerah-daerah lain di Indonesia salah satunya Kota Ambon.

Baca juga: DPRD: serahkan pengelolaan Pasar Mardika pada Pemkot Ambon

"Tadi kami sudah menjawab apa yang mereka sampaikan. Ini menjadi referensi bagi mereka untuk kemudian bisa diimplementasikan di daerah mereka masing-masing," ujar Laturiuw.

Ketua Komisi I DPRD Buton Tengah La Ode Alim Alam mengatakan, untuk memecah konsentrasi perekonomian-perekonomian di daerah, maka harus dibangun sebuah pasar agar terkumpul semua pedagang pada satu lokasi.

Namun, itu juga perlu pengetahuan lebih agar dapat dilakukan percepatan untuk pembangunan pasar dimaksud.

Oleh karena itu, DPRD Buton Tengah dari Komisi I memandang perlu untuk melakukan studi banding ke Ambon yang dikenal memiliki penataan dan pengelolaan pasar yang sudah cukup baik.

Baca juga: DPRD Ambon meminta Disperindag stabilkan harga bahan pokok di pasar

Apalagi, APBD Buton Tengah sendiri cukup kecil yakni hanya sebesar Rp600 miliar. Jumlah ini tentu tidak bisa mengakomodir seluruh aspirasi masyarakat Buton Tengah.

Jalan terbaiknya, dilakukan percepatan pengembangan pasar, sehingga pendapatan yang diperoleh dari pasar bisa mendorong kemajuan daerah.

"Dan kami sudah mendapatkan solusi dari kedatangan kami di DPRD Ambon. Pencapaian dari DPRD Ambon akan menjadi referensi bagi kami untuk dijalankan di daerah kami," ujarnya lagi.

Dia juga mengaku sangat berterima kasih kepada DPRD Ambon yang dengan sangat baik menerima wakil rakyat dari Buton Tengah maupun Buton Selatan.


Baca juga: DPRD Ambon minta Perumda Tirta Yapono tangani wilayah alami krisis air

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024