Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Maluku Utara (Malut) perkuat implementasi Kampung KB di Kawasan Pesisir Halmahera dalam upaya penguatan pelaksanaan updating data kampung KB dan Rumah Data Kependudukan.

"Dalam kegiatan ini Harus ada tindak lanjut yang konkret sehingga permasalahan di lapangan dapat di atasi dengan cepat. Selain itu saya berharap agar Kampung KB dan Rumah DataKu dapat menjadi pusat data di desa berada di Pesisir Halmahera," kata Sekretaris Perwakilan BKKBN Malut, Ansar Djainahu dihubungi, Rabu.

Dia mengatakan, pihaknya menerjunkan tim pengendalian penduduk (Dalduk) untuk melaksanakan fasilitasi pengumpulan dan updating Rumah DataKu di Kabupaten Halmahera Timur, bertempat di Aula Kantor Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Halmahera Timur.

"Banyak hal yang harus dibenahi sehingga penggunaan aplikasi siperindu di Malut dapat ter-update secara berkala yang nantinya dalam evaluasi antara data dalam website Kampung KB dan sistem informasi keluarga siga sudah sinkron," ujarnya.

Untuk itu, dalam waktu dekat akan dilaksanakan lomba Kampung KB, salah satu indikatornya adalah apakah Kampung KB dan Rumah DataKu yang memiliki kategori mandiri berkelanjutan, sehingga perlu adanya updating data pada 102 Kampung KB yang ada di Halmahera Timur.

Sehingga, harapannya penyiapan data dilakukan dengan baik sehingga Kampung KB yang nantinya di usulkan bisa mendapatkan hasil yang terbaik dalam lomba Kampung KB.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024