Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, Maluku menghadirkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di pusat perbelanjaan untuk memudahkan masyarakat memperoleh layanan administrasi kependudukan.

"Sesuai rencana mesin ADM akan dipindahkan dari Unit Layanan Administrasi Balai Kota Ambon ke pusat perbelanjaan, Ambon Plaza, " kata Pelaksana Tugas Kepala Disdukcapil Kota Ambon Hanny Tamtelahitu di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan mesin ADM akan dipindahkan ke Ambon Plaza karena di lokasi tersebut akan dibangun mal pelayanan publik (MPP).

Hingga saat ini, kata dia, MPP masih dalam tahap pembangunan sehingga untuk sementara waktu hingga pelayanan berjalan normal, perangkat tersebut akan ditempatkan di Ambon Plaza.

"Kita akan menempatkan petugas melayani masyarakat agar dapat mengakses layanan administrasi kependudukan, bukan hanya di kantor capil tetapi juga di lokasi pusat perbelanjaan," katanya.

Baca juga: Disdukcapil Ambon akselerasi perekaman data KTP pemilih Pemula

Bentuk mesin ADM seperti mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dengan cara kerja yang mudah, yakni warga melakukan pemindaian kode batang atau sidik jari untuk selanjutnya mesin secara otomatis mengeluarkan lembaran dokumen atau kartu identitas sesuai dengan permohonan.

Fungsi mesin ADM mencetak dokumen adminduk, seperti kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, KTP-el, kartu identitas anak (KIA), dan surat keterangan pindah.

Mekanisme penggunaan mesin ADM, yakni warga yang mengajukan permohonan dokumen adminduk, mengisi formulir permohonan untuk berkas tersebut dengan mencantumkan alamat surat elektronik.

Setelah diproses dan selesai, pemohon akan menerima surel yang berisikan kode batang dan PIN. Selanjutnya warga bisa mencetak melalui mesin ADM dengan melakukan pemindaian kode batang atau dengan mengetik PIN yang telah diterima melalui surel.

Ia mengatakan mesin ADM memberikan pelayanan yang cepat dan mudah bagi warga berkaitan dengan administrasi dukcapil.

"Saat ini mesin yang disediakan baru satu unit yang ditempatkan di balai kota. Kami berupaya mengurangi antrean di kantor Dukcapil melalui penyediaan mesin ADM itu, " kata Hanny.

Baca juga: Disdukcapil Ambon gencarkan aktivasi identitas kependudukan digital

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024