Polresta Pulau Ambon dan PP Lease mengikuti zoom meeting dialog penguatan internal Polri dalam rangka memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan menjelang dan pasca Lebaran 1445 Hijriyah yang diselenggarakan Mabes Polri.

"Dalam rangka memastikan stabilitas harga pangan menjelang dan pasca perayaan Lebaran tahun ini, Kepolisian Republik Indonesia menggelar video conference dialog publik," kata Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Janete S. Luhukay di Ambon, Kamis.

Kegiatan ini diselenggarakan melalui zoom meeting di Mapolresta Ambon dan dihadiri Kapolresta Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim, Kabag Ops, para perwira, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda di wilayah Kota Ambon.

Menurut dia, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko dan dilanjutkan dengan sambutan dan penyampaian terkait bahan pokok dan harga bahan pangan.

Salah satu fokus utama dari dialog ini adalah upaya untuk memastikan bahwa tidak ada kekurangan pangan yang signifikan dan bahwa harga pangan tetap terjangkau bagi masyarakat jelang dan pasca perayaan Lebaran.

"Langkah-langkah konkrit seperti peningkatan pengawasan terhadap distribusi pangan, pemantauan harga secara real-time, imbauan agar tidak panic buying, dan kerja sama lintas sektor menjadi poin penting dalam diskusi tersebut," ujarnya.

Pernyataan Kementerian Pertanian bahwa ketersediaan stok bahan pokok lebih dari cukup, maka diimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir dan disarankan belanja secukupnya.

Badan Pangan Nasional juga menjaga dan mengantisipasi pentingnya stok pangan dan harga dari bahan pangan guna menstabilkan harga dan sudah mengantisipasi sebelum masuk musim El-Nino, berkoordinasi dengan Bulog terkait ketersediaan bahan pangan dalam waktu satu tahun.

Bulog juga mengantisipasi kenaikan dari harga pangan contohnya daging, beras, telur, minyak yang ada di seluruh Indonesia diantaranya di tingkat petani telah dilakukan penyerapan di bidang hilir guna mengantisipasi kenaikan harga beras dan kelangkaan beras.

Keterlibatan aktif Polri dalam menjaga stabilitas harga pangan diharapkan dapat memberikan rasa aman dan kepastian bagi masyarakat dalam menyambut perayaan Lebaran.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024