Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ambon menyebutkan sebanyak 64 penumpang diberangkatkan pada kloter pertama mudik gratis Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Sebanyak 64 orang penumpang tersebut merupakan penumpang tujuan Namlea yang telah diberangkatkan dengan menggunakan KM Dorolonda," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Laut (Kabid Lala) KSOP Ambon Iyan Ashari di Ambon, Maluku, Selasa.

Iyan mengatakan jumlah penumpang yang diberangkatkan tersebut belum memenuhi kuota tiket mudik gratis tujuan Namlea, Kabupaten Buru, Maluku, dengan KM Dorolonda yakni sebanyak 100 tiket.

"Masih tersisa 36 tiket untuk mudik gratis tujuan Namlea dengan KM Dorolonda," tuturnya.

Pihaknya pun telah menyediakan sebanyak 2.120 kuota untuk mudik gratis menggunakan kapal cepat yaitu kapal Cantika Lestari 8F dan Cantika Lestari 6E yang dioperatori PT Dharma Indah.

Ia menjelaskan untuk persyaratan mengikuti mudik gratis ini, calon penumpang hanya perlu menyiapkan KTP dan melakukan pendaftaran secara daring.

"Tidak akan ada biaya apapun, karena ini memang program mudik gratis yang diberikan kepada masyarakat," katanya menerangkan.

Ia menambahkan KSOP berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyiapkan pembukaan pendaftaran mudik gratis yang nanti akan kembali diinformasikan kepada masyarakat.

Tentunya, kata Iyan, keputusan itu diambil sebagai upaya untuk mendukung pemudik dalam perjalanan pulang kampung tanpa beban biaya transportasi.

Menurutnya, layanan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung keselamatan dan kenyamanan perjalanan mudik.

"Diharapkan dengan adanya layanan ini, masyarakat akan dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga tanpa harus khawatir akan biaya transportasi yang meningkat selama musim mudik," harapnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024