Sashabilah Mus (Sasha) Putri Sulung Ketua Pemenangan Pemilu Partai Golkar Maluku - Maluku Utara Ahmad Hidayat Mus (AHM) yang juga selaku Bapak Pemekaran Kabupaten Pulau Taliabu akhirnya membulatkan tekad maju sebagai bakal Calon Bupati Taliabu periode 2024-2029. 

Sosok muda yang disapa akrab Sasha itu merupakan Jebolan Manchester University di Inggris.  dengan latar belakang pendidikan yang digeluti di bidang Tata Kota, ia kini membulatkan tekad maju sebagai bakal calon Bupati dengan harapan melanjutkan visi besar dari perjuangan tokoh pemekaran Pulau Taliabu untuk berkontribusi bagi pembangunan dan kemajuan masyarakat di pulau Taliabu.


Bagi Sasha, menjadi Bupati bukan merupakan suatu tujuan untuk mendapatkan kesenangan atau kekuasaan semata. Melainkan sebagai motivasi yang tertanam sejak pertama kali melanjutkan pendidikan di luar negeri sebagai bekal membangun masyarakat kabupaten pulau Taliabu yang pernah dicita-citakan sang ayah saat memekarkan Taliabu sebagai daerah otonom baru.


" Motivasi pertama Sasha i waktu pulang ke Taliabu 2016,  diajak sama Papa ke pulau Woyo yang ada desa Bapenu Kecamatan Taliabu . Saat itu Sasha sempat mengajar di sekolah SMP Bapenu. disitu saya melihat  Taliabu kaya akan sumberdaya manusia, namun masih perlu dikelola dengan baik," katanya.


Kita di Taliabu  banyak potensi, bukan hanya dari potensi sumberdaya alam, karena sumberdaya manusia di Taliabu juga kaya, jika SDM dikelola dengan baik akan berdampak pada kemajuan masyarakat " kata dia

Sasha yang sejak SMA mulai menempuh pendidikan di Australian International School Singapore (AISS)  2012-2015 akhirnya mengikuti course psychology di University of Melbourne di Australia pada  2015-2016. 

Ia lantas mengambil S1 di Manchester University Inggris pada t 2016-2019 konsentrasi Urban Planning (Tata Kota) dan pernah menjadi Asisten Dosen profesor di Manchester University dengan tesis konsentrasi media dan marketing untuk meraih gelar bachelor honors di Curtin University Singapura.


Keinginan untuk melanjutkan cita-cita besar AHM,  pada 16 Juli 2022 , di hadapan keluarga besar di Taliabu, ia mendeklarasikan diri sebagai  bakal calon Bupati (Bacabup) Kabupaten Pulau Taliabu  2024 didampingi sang Ayah.


Kendati belum pernah bergelut di birokrasi pemerintahan, namun dengan bekal keilmuan yang telah dicapai, dirinya yakin bisa melaksanakan tujuan pembangunan dan tata kelola pemerintahan dengan sebaik baiknya jika dipercayakan masyarakat untuk memimpin Taliabu di masa depan.


Sasha meyakini, dengan berbekal ilmu pengetahuan, manusia dapat mempelajari dan melaksanakan sebuah sistem pemerintahan di Taliabu yang Demokratis. 

Untuk itu, jika dipercayakan masyarakat sebagai orang nomor satu di kabupaten ini, ia menginginkan  keterlibatan masyarakat dalam urusan pemerintahan dengan pola secara dari bawah ke atas dan  nomor ponsel yang dimiliki dapat diketahui seluruh masyarakatnya.

"Sasha memang belum pernah di birokrasi pemerintahan, tapi itu semua kan bisa kita pelajari, terutama dari masyarakat, makanya saya ingin  nomor handphone  dibagikan ke masyarakat saat kunjungan kunjungan di desa desa Taliabu. Tujuannya agar keluhan keluhan masyarakat bisa langsung di sampaikan," terangnya.

Pewarta: Abdul Fatah/Ramlan

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024