Tim Pemeliharaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melakukan pemeliharaan infrastruktur kelistrikan jelang Hari Raya Idul Fitri.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyatakan, pemeliharaan Infrastruktur kelistrikan dilakukan demi menjaga kestabilan sistem dan kontinuitas penyaluran menjelang idul fitri.

"Jelang lebaran kami bekerja keras meminimalisir potensi terjadinya gangguan. Untuk itu, dalam keadaan seperti ini, pasukan khusus kami turut diturunkan," katanya, di Ambon, Jumat.

Tim PDKB melakukan pemeliharaan di kawasan Jalan Dr Tamaela, Kelurahan Silale, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, terjadi overload pada trafo tersebut yang bisa mengakibatkan pemadaman.

Baca juga: PLN UIW MMU hadirkan gaya hidup serba listrik di ajang Relief 2024

Perbaikan ini dilakukan dalam keadaan bertegangan oleh tim PDKB, pengerjaan dilakukan tanpa harus memutus aliran listrik, untuk memperbaiki jaringan, agar pekerjaan uprating trafo bisa berjalan dengan normal dan sesuai Standard Operational Procedure (SOP).

Ia mengatakan, tim PDKB terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik.

"Mereka memiliki kemampuan khusus dan berisiko tinggi untuk bekerja tanpa harus memadamkan aliran listrik. Berkat kerja keras PDKB, selama ini banyak masyarakat yang tetap dapat menikmati listrik meski gangguan sedang dieksekusi, " katanya.

Baca juga: PLN UIW MMU siagakan petugas lapangan amankan sistem kelistrikan saat cuaca ekstrem

Awat berharap, melalui perbaikan dan pemeliharaan yang dilakukan Tim PDKB, dapat meminimalisir potensi gangguan jaringan kelistrikan, sehingga masyarakat di Pulau Ambon dapat melewati momen lebaran dengan sukacita tanpa listrik padam.

Dirinya juga mengingatkan anggota PDKB untuk tetap memperhatikan Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) saat bekerja.

Sementara itu Linesman PDKB UP3 Ambon, Maryos Siahaya menambahkan, antisipasi pemeliharaan dilakukan untuk meminimalisir frekuensi padam dan pelayanan prima dapat diwujudkan.

*Kami tentunya bertanggung jawab atas penyaluran listrik yang andal, aman, dan berkualitas, agar di momen Idul Fitri tidak terjadi gangguan kelistrikan, sehingga umat Muslim menyambut Idul Fitri mendapatkan kenyamanan dalam menikmati listrik yang terang benderang, " katanya.


Baca juga: PLN UIW MMU edukasi siswa di Ambon pemanfaatan tenaga listrik
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024