PT PLN (Persero) Unit Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) telah melistriki sebanyak 198 rumah tangga kurang mampu sehingga menikmati listrik berdaya 450 VA dan 900 VA.

General Manajer PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyatakan, bantuan penyambungan listrik gratis diberikan melalui program Light Up The Dream (LUTD).

"Upaya kami untuk melistriki hingga ke pelosok, termasuk masyarakat pra sejahtera terus kami gencarkan. Alhamdulillah di awal 2024, secara akumulasi 198 rumah tangga yang diberikan penyambungan listrik gratis," katanya di Ambon, Jumat.

Program ini katanya, diberikan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Diharapkan masyarakat penerima bantuan sambung listrik gratis ini dapat memanfaatkan tidak hanya sebagai penerang, melainkan juga kebutuhan pergerakan perekonomian sesuai dengan potensi desa atau daerah masing-masing.

Baca juga: Tim PDKB PLN UIW MMU lakukan pemeliharaan infrastruktur kelistrikan

Program ini menyasar masyarakat yang membutuhkan, diharapkan ketika listrik telah tersambung, masyarakat dapat menggunakan untuk meningkatkan pendapatan mereka.

"Misalnya di daerah pesisir dengan potensi perikanan dan kelautan, dapat memanfaatkan akses listrik untuk cold storage, atau pelaku UMKM yang baru mau menjajaki berbagai jenis usaha, bisa memanfaatkannya dengan maksimal," katanya.

Program LUTD kata Awat, bersumber dari kantong pribadi pegawai PLN yang menunjukkan dedikasi bukan hanya untuk menerangi sampai ke pelosok, tetapi manfaat lain dari sisi kemanusiaan.

Salah seorang penerima manfaat di Kota Ambon, Wa Mini mengaku bersyukur ketika menerima penyambungan listrik gratis dengan daya 900 VA.

Baca juga: PLN Maluku cek peralatan jamin pasokan listrik aman jelang Lebaran

Wa Mini sebagai ibu rumah tangga mengatakan, memiliki meteran listrik sendiri merupakan mimpi bersama keluarga, dan akhirnya mimpi itu terwujud di 2024.

"Seperti berkah di 2024 kami sekeluarga memiliki meteran listrik sendiri. Yang mana anak-anak bisa belajar leluasa di malam hari, kami juga bisa pakai untuk kebutuhan sehari-hari, dan diusahakan mulai bisnis kecil-kecilan dari sekarang di rumah.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada PLN yang telah mewujudkan mimpi keluarga.

"Kami sangat bersyukur dengan penerangan PLN. Alhamdulillah momen Idul Fitri kali ini bisa menikmati terangnya rumah di malam hari, dan keluarga dapat berkumpul karena sudah tidak menggunakan penerangan yang terbatas seperti lilin maupun pelita. Sekali lagi terima kasih PLN", kata Wa Mini.


Baca juga: PLN UIW MMU jaga keandalan pasokan listrik selama perayaan Idul Fitri1445 H

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024