DPRD Kota Ambon mengimbau seluruh masyarakat di kota itu agar waspada akan bencana yang dapat terjadi selama musim hujan.

"Kendati intensitas hujan tidak selalu tinggi, tapi masyarakat harus selalu waspada dari segala potensi bencana yang bisa saja melanda," kata Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Rustam Latupono, di Ambon, Senin.

Menurut dia, hujan bisa saja berpotensi memunculkan bencana banjir, longsor, angin kencang hingga pohon tumbang.

"Termasuk juga dengan penyebaran penyakit demam berdarah. Jadi begitu tanda-tanda bencana itu muncul, segera untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman," ujarnya.

Ia mengatakan, hal ini penting dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan bersama, terutama di musim hujan yang sering kali membawa risiko bencana alam.

Ia mengaku, hujan beberapa hari di Ambon telah memakan korban. Salah satu pohon di kawasan Jalan Said Parintah Kecamatan Sirimau tumbang dan menimpa angkot yang melintas.

Baca juga: DPRD Ambon ingatkan warga waspada peredaran uang palsu menjelang Lebaran 2024
 

Selain itu longsor dan pohon tumbang juga sudah terjadi di Benteng, Batu Gong dan Hukurila Kota Ambon akibat hujan deras dan angin kencang.

"Kita juga punya daerah-daerah yang rawan longsor. Kemudian bagi yang tinggal di bantaran sungai, untuk lebih meningkatkan waspada," ingatnya.

Imbauan ini disampaikan sebagai langkah preventif guna mengurangi risiko bencana dan memastikan keselamatan serta kenyamanan warga Kota Ambon selama musim hujan.

DPRD Ambon juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), untuk melakukan langkah-langkah mitigasi bencana secara lebih proaktif.

DPRD Ambon berharap agar seluruh lapisan masyarakat turut berperan aktif dalam upaya pencegahan bencana dengan menjaga lingkungan dan tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang dapat memicu terjadinya bencana alam.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Rustam Latupono siap maju jadi calon wakil wali kota

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024