Penjabat (Pj) Gubernur Maluku Utara (Malut), Samsuddin Abdul Kadir meminta agar Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah (PPIHD) lebih memberikan pelayanan kepada Jamaah Calon Haji (JCH) saat beribadah di Tanah Suci.

"PPIHD memiliki tugas utama untuk membantu jamaah haji saat berada di Tanah Suci dan itu yang harus dijalankan dengan rasa tanggung jawab," kata Pj Gubernur Malut, Samsuddin Abdul Kadir di Ternate, Minggu.

Oleh karena itu, dia mengharapkan doa agar perjalanan mereka diberikan kekuatan jasmani dan rohani serta keselamatan selama menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Di samping itu, kata Pj Gubernur, keberangkatan seluruh JCH 10 kabupaten/kota dari Kota Ternate hingga ke Kota Makassar berjalan lancar

Untuk itu, dirinya menyampaikan selamat atas keberangkatan para JCH dari Provinsi Malut, sebab, Pemprov Malut berupaya untuk memberikan pelayanan yang optimal untuk memastikan kelancaran selama perjalanan ibadah di tanah suci.

"Semoga semua jamaah mendapatkan keberkahan dan keselamatan dalam menjalankan ibadah haji," ujarnya.



Sementara itu, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Malut menyatakan, sebanyak 1.098 calon haji Malut telah diberangkatkan dengan tiga kloter diberangkatkan ke Makkah melalui embarkasi Makassar untuk menunaikan ibadah haji tahun 2024.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Malut, Amar Manaf mengatakan, sebanyak 1.098 calon haji asal Malut telah diberangkatkan, di luar 16 calon haji lainnya asal Malut yang telah dipindahkan ke embarkasi lain.

Sedangkan, untuk calon haji lanjut usia (lansia) telah diberikan kuota oleh pemerintah pusat yakni 5 persen dari total setiap provinsi dan Malut sendiri mendapatkan 54 orang lansia.

Amar mengatakan, tentunya untuk lansia akan diberikan penanganan secara khusus baik saat berada di asrama haji Ternate, embarkasi Makassar maupun hingga tiba di Arab Saudi.

"Jadi seluruh calon haji usia lansia itu dalam hal layanan penanganan secara khusus dan itu sudah terlaksana pada tahun-tahun sebelumnya," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur minta PPIHD fokus layani calon haji Malut

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024