Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A  Ambon, Maluku menandatangani Letter Of Operational Coordination Agreement (LOCA) dengan PT Angkasa Pura I Bandara Pattimura dan RSUP dr. J Leimena Ambon guna meningkatkan penyelenggaraan pencarian dan pertolongan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi, kerja sama, dan saling mendukung terhadap masing-masing tugas dan fungsi melalui kegiatan penyelenggaraan pencarian dan pertolongan," kata Kepala Kantor Basarnas Ambon Muhammad Arif Anwar di Ambon, Rabu.

Penandatanganan LOCA tersebut dilakukan Kepala Basarnas Ambon Muhammad Arif Anwar, Dirut RSUP dr. J. Leimena Ambon drg. Saraswati, MPH, bersama manajer umum PT. Angkasa Pura I Bandara Pattimura Shively Sanssouci di Ambon, Rabu.

Adapun ruang lingkup LOCA meliputi kerja sama di berbagai bidang informasi kecelakaan pesawat udara, Alerting Service, dan update data terkait operasi pencarian dan pertolongan terhadap kecelakaan pesawat udara.

Baca juga: Basarnas Ambon hentikan pencarian korban hilang KM Sweet di Laut Banda

Kerja sama ini meliputi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, latihan operasi pencarian dan pertolongan, pemanfaatan sumber daya, layanan kesehatan, penelitian dan pengembangan.

Penandatanganan kerja sama LOCA tersebut secara daring juga dihadiri Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Basarnas Didi Hamzar beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Didi menuturkan penandatanganan kerja sama ini sangat diperlukan dalam berkomitmen untuk mendukung setiap penugasan penyelenggaraan dalam hal pencarian dan pertolongan, kata Muhammad Arif mengutip pernyataan Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Basarnas.

Kegiatan ini juga dihadiri para pejabat Kansar Ambon beserta seluruh personil.


Baca juga: Basarnas Ambon siagakan peralatan dan personel jelang Lebaran

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024