Bandar Udara Pattimura Ambon, Maluku, sebagai embarkasi haji antara melayani keberangkatan jamaah calon haji (JCH) dari Provinsi Maluku menuju Makassar, Sulawesi Selatan.

"Sebanyak 1.077 calon haji dari Provinsi Maluku diberangkatkan dalam tiga kloter, yaitu kloter 27, kloter 30, dan kloter 32, mulai tanggal 31 Mei, 2 Juni, dan 4 Juni 2024 dari Bandar Udara Pattimura Ambon menuju Makassar," kata General Manager Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon PT Angkasa Pura I, Shively Sanssouci di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan pemberangkatan calon haji, Bandar Udara Pattimura Ambon telah mempersiapkan fasilitas dan peralatan yang diperlukan.

Beberapa langkah yang telah dilakukan antara lain memastikan keamanan dan sterilisasi calon haji, serta barang bawaan melalui Gedung VIP Pemda Maluku.

Selain itu berkoordinasi dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Bea Cukai dan pihak terkait lainnya untuk pemeriksaan bagasi di terminal kargo, dan memastikan jadwal serta parkir pesawat udara.

"Selain itu, pengawalan bus saat persiapan keberangkatan dan koordinasi dengan maskapai serta kesiapan operasional di sisi udara juga telah dipersiapkan dengan baik," katanya.

Sementara itu, katanya, di gedung VIP Pemda Maluku, aktivitas jamaah calon haji telah diatur agar berjalan lancar sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku, dengan menyediakan kursi yang cukup, menjaga kebersihan dan memberikan pelayanan terbaik.

Peralatan penunjang seperti alat pintu dan mesin keamanan juga dipastikan berfungsi dengan baik, serta peralatan lainnya siap digunakan dan telah di cek kesiapan tiga hari sebelum keberangkatan.

"Kami berharap semua pelayanan dan kegiatan penerbangan haji antara Provinsi Maluku dapat berjalan aman dan lancar, serta kita doakan bersama seluruh calon haji dapat beribadah secara maksimal dan menjadi haji yang mabrur," katanya.

Ia menambahkan langkah yang telah dilakukan ini merupakan bagian dari komitmen Bandar Udara Pattimura Ambon untuk memberikan pelayanan terbaik dan memastikan setiap calon haji mendapatkan pengalaman perjalanan yang nyaman dan berkesan.

"Upaya yang telah dilakukan segenap karyawan Bandar Udara Pattimura Ambon berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini," ujarnya.




 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bandara Pattimura Ambon layani keberangkatan JCH Maluku ke Makassar

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024