Ternate (Antara Maluku) - Sebanyak 16 partai politik mengalihkan dukungan kepada pasangan Calon Gubernur dengan Wakil Gubernur Maluku Utara, Ahmad Hidayat Mus-Hasan Doa (AHM-Doa), untuk pemilihan kepala daerah setempat putaran kedua, 25 September 2013.

Ketua Tim Sukses Pasangan AHM-Doa, Edi Langkara, di Ternate, Sabtu, mengatakan 16 parpol tersebut, lima di antaranya memiliki kursi di DPRD, sedangkan 11 lainnya non-parlemen.

Sebanyak lima parpol yang memiliki kursi di DPRD dan mengalihkan dukungan ke pasangan yang diusung Partai Golkar tersebut, adalah PDI Perjuangan, PAN, Partai Demokrat, Gerindra, PBB, dan PKB, sedangkan yang partai non-parlemen di antaranya PKPI, PPRN, dan PKNU.

"Sebanyak 16 parpol tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari DPP masing-masing untuk mendukung pasangan AHM-Doa. Parpol tersebut pada pilkada putaran pertama mendukung pasangan cagub-cawagub lainnya," kata Edi.

Khusus untuk PKB dan PKPI, pada putaran pertama mendukung pasangan Abdul Gani Kasuba-Muhammad Natsir Thaib lolos ke pilkada putaran kedua.

Akan tetapi, katanya, karena pertimbangan tertentu, mereka mencabut dukungannya dari pasangan yang diusung bersama PKS itu untuk kemudian mengalihkan dukungan ke pasangan AHM-Doa.

Ia menjelaskan untuk memantapkan persiapan menghadapi pilkada putara kedua, Partai Golkar Maluku Utara akan menggelar rapat koordinasi daerah khusus pada 2 September 2013 yang akan dihadiri lima utusan dari DPP Partai Golkar.

Utusan dari DPP Partai Golkar akan bersama dengan Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marham sekaligus membuka rakordasus yang akan berlangsung selama dua hari.

Ia mengatakan salah satu agenda rakordasus itu membahas soal persiapan Partai Golkar memenangkan pasangan AHM-Doa pada pilkada putaran kedua.

Selain itu, akan dihadiri 15 ketua DPD Partai Golkar tingkat provinsi di Indonesia, di antaranya Ketua DPD Partai Golkar Bali, DPD Golkar Sulawesi Utara, DPD Golkar Sulawesi Tenggara, DPD Golkar Yogyakarta, dan DPD Golkar Jambi.

Edi mengatakan rakordasus akan menghadirkan sekitar 114 pimpinan kecamatan se-Maluku Utara, 10 pimpinan DPD Golkar kabupaten dan kota, dan 445 calon anggota legislatif berasal dari Partai Golkar.

"Rakordasus ini juga akan melakukan restrukturisasi Tim Sukses AHM-Doa, karena bergabungnya 16 parpol ke tim pemenangan AHM-Doa, sehingga ini menjadi momentum untuk melakukan pemantapan dan konsolidasi untuk memenangkan pasangan ini pada putaran kedua pilkada," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013