Universitas Pattimura (Unpatti) menyosialisasikan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Central South University (CSU) bagi mahasiswa di kampus tersebut sebagai bagian dari upaya menjadi perguruan tinggi itu bertaraf internasional.

“Unpatti menjadi salah satu universitas di bagian Indonesia timur yang berkesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai kemungkinan kerja sama dan beasiswa S2 yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia dalam hal ini LPDP, GEM Co Ltd selaku perusahaan yang bergerak dalam bisnis daur ulang sampah elektronik, dan juga Central South University,” kata Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama dan Sistem Informasi Unpatti Dr Ruslan HS Tawari dalam keterangan yang diterima di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan program beasiswa itu sebagai upaya strategis untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) menuju Indonesia Emas 2045.

Ia berharap melalui program tersebut Unpatti dapat mengirim talenta-talenta muda untuk belajar di Central South University dan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan manajemen para peserta di bidang energi.

“Kami juga berharap program ini dapat memfasilitasi transfer teknologi dan pengetahuan dari China ke Indonesia yang dapat diterapkan dalam industri energi baru di Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu Direktur RnD Teknologi Ultra GEM Shenzhen Dr Wang Yaning mengungkapkan beasiswa unggulan S2 ini merupakan program pendanaan kerja sama antara Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) RI, perusahaan urban-mining China (GEM Co. LTD), dan juga Central South University (CSU).

Dalam paparannya ia memberikan berbagai penjelasan terkait keunggulan dan manfaat beasiswa yang ditawarkan sejak tahun 2019 dan GEM Co Ltd telah berkomitmen turut mewujudkan mimpi Indonesia Emas, dengan terlibat secara aktif dalam melatih dan mendidik SDM Indonesia.

“Di tahun ini program beasiswa batch keempat diperluas kepada dua jurusan yaitu Jurusan Teknik Transportasi serta Jurusan Ekonomi dan Perdagangan Internasional,” kata dia.

Oleh sebab itu tujuan kedatangan tim program beasiswa dari China ini ingin mempromosikan program beasiswa pendanaan penuh yang merekrut mahasiswa-mahasiswi Unpatti pada Fakultas Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), dan Ekonomi Bisnis. Namun tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa dan alumni pada bidang ilmu lain yang juga ingin mendaftarkan diri.

Fokus ilmu yang ditawarkan adalah S2 Teknik Metalurgi dan Material,  (New Energy Materials), S2 Teknik Transportasi (Railway), dan S2 Ekonomi dan Perdagangan International (For Non-Ferrous Metal). Program beasiswa ini akan dilaksanakan selama tiga tahun dengan satu tahun perkuliahan, satu tahun magang dan satu tahun penelitian. 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024