Polisi Air dan Udara (Polairud) Polres Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mengingatkan nelayan waspada terhadap potensi gelombang tinggi yang dapat terjadi akibat cuaca buruk.

“Kami ingatkan kepada seluruh nelayan agar selalu berhati-hati dan tidak memaksakan melaut jika kondisi cuaca tidak memungkinkan. Keselamatan adalah prioritas utama,” kata Kapolres SBT AKBP Agus Joko Nugroho, melalui keterangan tertulis, di Ambon, Selasa.

Kapolres menyampaikan imbauan itu saat bersama Sat Polairud menyambangi masyarakat pesisir di Kampung Sesar Dusun Nelayan, SBT.

Ia juga mengimbau para nelayan untuk selalu memantau informasi cuaca terkini yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelum melaut.

Polres SBT juga telah menyiagakan personel dan kapal patroli untuk memberikan bantuan dan evakuasi jika terjadi kondisi darurat di laut.

Selain itu, masyarakat nelayan juga diimbau untuk melengkapi peralatan keselamatan seperti jaket pelampung dan alat komunikasi.

"Kami akan terus memantau kondisi di lapangan dan siap memberikan bantuan jika diperlukan. Kami harap nelayan dapat mengikuti arahan ini demi keselamatan bersama," ujarnya.

Di sisi lain, Kapolres mengingatkan untuk tetap menjaga kebersihan pantai dan laut serta tidak melakukan aktivitas menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak dan bahan berbahaya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024