Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol Lotharia Latif menyerahkan 26 hewan kurban kepada empat masjid di Kota Ambon menjelang Lebaran Idul Adha 1445 Hijriah/2024.

Penyerahan hewan kurban kepada masing-masing perwakilan pengurus masjid yang mendapat bantuan hewan kurban itu berlangsung di Masjid At Taqwa Polda Maluku Tantui, Ambon.

"Tahun ini merupakan tahun ketiga saya merayakan Hari Raya Kurban di Kota Ambon. Kita patut bersyukur bahwa ada peningkatan jumlah hewan kurban tahun ini," kata Lotharia, di Ambon, Sabtu.

Pada kesempatan tersebut Kapolda juga menyampaikan pentingnya memandang kegiatan kurban bukan sekadar seremonial, melainkan sebagai wujud rasa syukur dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT).

“Saya senang karena semua yang hadir, terutama para pejabat utama dapat menyumbangkan kurban untuk sesama," ujarnya.

Ia juga mengingatkan panitia agar memastikan tata cara kurban dilakukan dengan benar, mulai dari tata cara serah terima hewan kurban hingga proses penyembelihan dan pembagian yang harus sesuai ketentuan. "Pembagian harus didahulukan kepada orang-orang yang berhak (mustahik)," ucapnya.

Kapolda mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejabat dan masyarakat yang berkurban dan panitia yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan acara penyerahan bantuan hewan kurban ini dengan baik.

Acara penyerahan kurban ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan membantu masyarakat yang membutuhkan di wilayah Maluku.

"Inilah yang bisa kami berikan sebagai sedikit sumbangsih kepada masyarakat dalam rangkaian kegiatan Idul Adha. Semoga memberikan manfaat bagi yang membutuhkan” ucapnya.

Hewan kurban yang diserahkan Kapolda Maluku itu dengan rincian 23 sapi dan tiga kambing. Secara simbollis empat sapi diserahkan kepada masing-masing perwakilan masjid yang mendapatkan bantuan.

Penyerahan itu diberikan kepada masing-masing perwakilan yakni pengurus Masjid Nurul ikhlas Arbes, pengurus Masjid Asalama Air Salobar, pengurus Masjid Ar-Rahman Pandan Kasturi dan pengurus Masjid Al - Kuhuwa Kapaha.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024