Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) menetapkan sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Malut terpilih pada Pemilu 2024 dan Partai Golongan karya menjadi partai yang memperoleh kursi terbanyak dengan total delapan kursi.

"Partai yang banyak memperoleh kursi ada Golkar, selanjutnya ada PDI-P, Nasdem, PKS dengan masing-masing lima kursi, selanjutnya diikuti PKB empat kursi, Demokrat dan PAN masing-masing tiga kursi, serta Partai Garuda, PBB dan Perindo masing-masing meraih 1 kursi," kata Ketua KPU Malut Mohtar Alting di Ternate, Minggu.

Dari 45 kursi DPRD Malut, Partai Golkar mampu menempatkan delapan kadernya di parlemen, kemudian PDIP, Nasdem, PKS dan Hanura 5 kursi, Gerindra dan PKB 4 kursi, Demokrat dan PAN 3 kursi serta Partai Garuda, PBB dan Perindo masing-masing meraih 1 kursi.

"Penetapan tersebut dilakukan berdasarkan berita acara dan surat keputusan KPU Provinsi Malut tentang penetapan hasil Pemilu anggota DPRD Provinsi Malut 2024," ujarnya.

KPU Provinsi melalui rapat pleno terbuka menetapkan perolehan kursi partai politik peserta pemilu, serta menetapkan 45 anggota DPRD provinsi terpilih periode 2024-2029,”kata Ketua KPU Provinsi Maluku Utara Mohtar Alting, di Ternate, Sabtu (15/6).

Ia mengatakan, penetapan perolehan kursi serta calon anggota DPRD Provinsi terpilih merupakan tahapan ke 10 dari 11 tahapan dalam pemilu 2024. Tahapan terakhir kata Mohtar Alting adalah pelantikan anggota DPRD Provinsi Maluku Utara terpilih.

Seperti diketahui, KPU Provinsi Malut menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi untuk Pemilu Tahun 2024, di hotel Bela Ternate, Sabtu (15/6) kemarin.

Rapat Pleno terbuka ini dipimpin oleh Ketua KPU Malut Mohtar Alting, bersama Anggota Reni SA Banjar, Iwan seber, Mukhtar Yusuf, dan Iwan Kader.

Hadir dalam Rapat Pleno ini, yang mewakili Gubernur Maluku Utara (Malut), pelaksana harian Sekretaris Daerah Provinsi Malut, Forkopimda Provinsi Malut , Bawaslu Provinsi Malut, serta Ketua dan Sekretaris 18 Partai Politik ditingkat Provinsi Malut.

Rapat Pleno ini disiarkan secara langsung di kanal Youtube KPU Malut, untuk diakses oleh masyarakat luas.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024