Ambon di Provinsi Maluku ditetapkan sebagai tuan rumah kompetisi futsal Liga Nusantara untuk wilayah Indonesia timur.

"Setelah Asosiasi Futsal Maluku menggelar putaran provinsi, tim AFBA mejadi juara provinsi dan berhak mewakili Maluku ke putaran 36 besar nasional di Kota Ambon, Maluku," kata Plt Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Maluku Rahman Latuconsina di Ambon, Selasa.

Rahman mengungkapkan tiga kota lain di Indonesia juga menjadi tuan rumah fase grup 36 besar Liga Nusantara.

"Kebetulan babak 36 besar putaran nasional liga Futsal Nusantara 2024 digelar di empat kota, salah satunya Ambon, yang jadi tuan rumah grup D untuk kategori putra dan grup H untuk kategori putri," kata Rahman.

Ia mengatakan dalam Grup D putra seharusnya ada tujuh provinsi, yakni Maluku, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi barat, Maluku Utara dan Papua, nnamun beberapa provinsi tidak mengirimkan wakilnya pada putaran nasional sehingga tersisa Maluku, Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Baca juga: Persiter Ternate Juara Liga Nusantara

"Sementara untuk grup H putri harusnya ada empat peserta juga tapi tersisa tiga tim peserta yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Papua namun Sulawesi Selatan dan Papua tak mengirimkan wakilnya, otomatis Sulut lolos untuk tim putri," kata dia.

Ia menjelaskan babak 36 besar Grup D putra di Ambon ini hanya mengambil dua teratas untuk babak delapan besar di Yogyakarta pada pertengahan Agustus. Juara Liga Futsal Nusantara  otomatis prmosi ke Liga Pro.

"Keterwakilan di liga pro nati akan diranking, sudah pasti juara satu dan dua akan ada di liga pro, nah ranking selanjutnya akan dilihat berdasarkan kuota," kata Rahman.

Ia berharap Liga Futsal Nusantara putaran nasional di Maluku  meningkatkan antusiasme futsal di Ambon.

"Semoga dengan digelarnya kegiatan ini juga dapat melahirkan bibit-bibit potensial dari Indonesia timur khususnya Maluku untuk dapat berkiprah di kancah nasional bahkan internasional," katanya.

Baca juga: Menangi laga final, Klub Futsal AFBA FC Maluku lolos putaran nasional Liga Nusantara 2024

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024