PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) berkomitmen untuk berkontribusi dalam perkembangan industri dan bisnis di wilayah kerjanya melalui penyediaan listrik yang cukup dan andal.

"Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong kemajuan ekonomi di suatu daerah, dalam hal ini wilayah kerja Kami yang meliputi Malut," kata General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula di Ternate, Rabu.

Dirinya menyebut, komitmen ini dilakukan dengan evaluasi mendalam terkait permohonan penyambungan tambah daya dari PT Dewa Agri Coco Indonesia ke kapasitas 1.100 kVA.

Diketahui PT Dewa Agri Coco Indonesia yang berkedudukan di Kabupaten Halmahera Barat ini bergerak di bidang industri dengan komoditi kelapa. Dalam operasional sehari-hari, perusahaan ini membutuhkan daya yang cukup untuk mendukung proses bisnisnya. Untuk itu, PLN berupaya untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan dengan melakukan berbagai kajian.

Salah satunya disampaikan melalui rapat internal antara kedua belah pihak yang diwakili Manager UP3 Sofifi dan jajaran pejabat UP3 Sofifi, serta perwakilan dari PT Dewa Agri Coco Indonesia,

Baca juga: PLN UP3 Ambon bangun jaringan tegangan menengah

Dalam rapat ini, dipaparkan bahwa PLN UP3 Sofifi telah melakukan evaluasi mendalam terhadap permohonan penyambungan tambah daya yang diajukan oleh PT Dewa Agri Coco Indonesia. Tim pelayanan pelanggan PLN UP3 Sofifi telah melakukan peninjauan lapangan dan analisis terhadap kapasitas distribusi listrik di area tersebut, guna memastikan bahwa peningkatan daya listrik yang diminta dapat diakomodasi secara teknis dan terukur.

"Dengan menggelar rapat ini, kami ingin memastikan bahwa proses tindak lanjut atas permohonan penyambungan tambah daya PT Dewa Agri Coco Indonesia berjalan dengan lancar dan sesuai dengan regulasi yang berlaku," kata Manager PLN UP3 Sofifi, Yekti Kurniawan dalam pernyataannya.

Dirinya menyatakan, komitmen PLN adalah untuk menyediakan infrastruktur listrik yang andal guna mendukung perkembangan industri lokal,” tambahnya.

Penyambungan tambah daya ke kapasitas 1.100 kVA ini diharapkan dapat memberikan dukungan yang cukup bagi PT Dewa Agri Coco Indonesia dalam meningkatkan kapasitas produksinya, serta memastikan kelancaran operasional mereka tanpa hambatan listrik yang signifikan.

Baca juga: PLN UP3 Tual lakukan pemeliharaan mesin pastikan pasokan listrik jelang Idul Adha

Adanya peningkatan produksi dari 20 ton menjadi 50 ton dan selanjutnya akan terus bertambah sehingga kebutuhan listrik kami akan meningkat secara bertahap dari 690 kVA sampai dengan 1.100 kVA, oleh karena itu kami sangat berterima kasih dengan kesediaan PLN untuk membantu dalam pemenuhan kebutuhan listrik untuk peningkatan usaha kami tersebut.

"Selain itu dalam rangka memenuhi keandalan penunjang kelistrikan, kami juga memanfaatkan pembangkit listrik sendiri untuk mengantisipasi keadaan darurat untuk kebutuhan listrik di perusahaan kami yang terdiri dari PLTBMG 500 kW, PLTS 76 kW dan PLTD 200 kW,” tutur Kepala Cabang PT Dewa Agricoco Indonesia, Sariyat Sacadipura.

"Harapannya dengan agenda rapat ini proses penyambungan listrik di PT Dewa Agricoco sampai daya 1.100 kVA dapat berjalan lancar dan kerjasama antara PT PLN UP3 Sofifi dan PT Dewa Agricoco dapat terjalin semakin era," ujarnya.


Baca juga: PLN UP3 Sofifi pelajari calon pelanggan 197 kVA

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024