Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku, menyasar 47.309 anak menerima imunisasi polio pada Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024.

PIN Polio dimulai 23 Juli 2024, dengan menyasar anak usia 0-7 tahun di Kota Ambon, kata Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus N Kaya, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan target capaian PIN Polio 2024 di Kota Ambon yakni 95 persen, dengan jumlah estimasi yang akan di imunisasi yakni 47.309 anak.

Pelaksanaan PIN Polio 2024 akan di pusatkan di Posyandu Negeri Hunuth, sementara untuk sekolah di komplek P dan K.

"Kami imbau orang tua yang memiliki anak usia 0-7 tahun untuk dibawa ke posyandu atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan layanan PIN polio," katanya.

Ia mengatakan target imunisasi ini adalah anak usia 0-7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya, itu berarti semua posyandu dilakukan PIN dan di Sekolah Dasar (SD) terutama di kelas 1 dan mungkin juga di kelas 2.

Baca juga: DPRD Ambon minta warga kurangi gunakan kantong plastik saat belanja

Pemberian imunisasi bagi anak usia 0-7 tahun sangat penting untuk memberikan perlindungan terhadap polio, sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio.

Virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dan pada kasus yang parah.

"Aparat pemerintah desa atau kelurahan dapat menyampaikan ke warga yang memiliki anak balita supaya membawa ke posyandu saat pelaksanaan PIN 2024," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy mengatakan data estimasi anak yang akan di imunisasi yakni usia 0-5 tahun sebanyak 31.492, anak usia 5- 6 tahun 10.693 dan usia 7 tahun sebanyak 5.124 anak.

Sedangkan jumlah pos PIN Kota Ambon untuk Posyandu sebanyak 314, TK dan PAUD 220 pos, dan SD 216 dan pos PIN lainnya 26.

Ia menambahkan capaian imunisasi polio di Kota Ambon masih di angka 73-75 persen, sedangkan sasaran nasional harus mencapai 90 persen, sehingga butuh dukungan lintas sektor.

"Kita membutuhkan dukungan pihak lain untuk mampu mencapai target yang ditetapkan untuk PIN polio 95 persen," katanya.


Baca juga: Pemkot Ambon lakukan kegiatan sosialisasi Kelurahan/Desa bersih dari Narkoba

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024