Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara (Malut) mengoptimalkan pembayaran   APBN di provinsi itu  lewat digitalisasi sebagai terobosan untuk menciptakan efisiensi dan transparansi.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Malut, Tunas Agung Jiwa Brata di Ternate, Rabu, mengatakan untuk pembayaran anggaran melalui APBN kini sudah digital dengan tiga cara yaitu  Cash Management System (CMS), Kartu Kredit Pemerintah (KKP) dan Digipay. 

Menurut dia implementasi digitalisasi pembayaran tersebut akan menjadikan mekanisme pembayaran APBN menjadi lebih efisien dan aman.
Tunas menyampaikan  sampai dengan 30 Juni 2024, nilai pembayaran APBN melalui sarana digital menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. 

Nilai transaksi Digipay mencapai Rp430 juta dengan jumlah transaksi sebanyak 504 transaksi, ujarnya

Menurut Tunas, penguatan budaya digital masih menjadi tantangan yang perlu diselesaikan untuk menjamin optimalisasi implementasi digitalisasi pembayaran APBN di Malut.

Untuk itu  Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara memberikan penghargaan Treasury Award kepada beberapa satuan kerja yang telah menunjukkan sinergi terbaik dalam pengelolaan pelaksanaan anggaran.

Treasury Award terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu Treasury Kolaboratif, Treasury Responsif, dan Treasury Digital.

Dia menyatakan, penghargaan Treasury Kolaboratif diberikan kepada satuan kerja Komando Resor Militer 512 Baabullah yang telah menunjukkan kolaborasi, sinergi, dan koordinasi yang baik dalam pembinaan pelaksanaan anggaran yang berdampak pada capaian kinerja pelaksanaan anggaran terbaik. 

Penghargaan diterima Danrem 152 Baabullah Brigadir Jenderal TNI Elkines Villando Dewangga.

Sementara, penghargaan Treasury Responsif diberikan kepada satuan kerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara yang telah menunjukkan kecepatan, ketepatan, dan tanggap dalam merespon setiap dinamika dalam pengelolaan keuangan negara diterima Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Malut Ignatius Purwanto.

Lalu, penghargaan Treasury Digital diberikan kepada satuan kerja Kantor Perwakilan BPKP Maluku Utara yang telah menunjukkan kinerja terbaik dalam optimalisasi pembayaran digital seperti KKP, CMS, dan Digipay sebagai alat pembayaran barang/jasa atas beban APBN diterima Kepala Perwakilan BPKP Maluku Utara Tri Wibowo Aji.


"Treasury Award merupakan salah bentuk apresiasi dari Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Malut  kepada satuan kerja yang dianggap berprestasi dan menjalin sinergi , semoga Treasury Award ini mampu menjadi motivasi bagi satuan kerja untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran di wilayah Malut," ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024