Universitas Terbuka (UT) Ambon berkomitmen menjadi rumah E-Sport bagi pelajar di Maluku dengan menjaring atlet potensial lewat lomba game online yang diselenggarakan di Kota Ambon.

"Kegiatan ini diikuti oleh 19 tim asal SMA/SMK se-Maluku yang terdiri atas 13 tim dari Kota Ambon, dua tim dari Maluku Tengah, satu tim dari Kota Tual, dan tiga tim dari Maluku Utara," kata Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori di Ambon, Minggu.

Ia mengatakan bahwa diselenggarakannya kegiatan itu diharapkan dapat melahirkan atlet E-Sport potensial yang dapat berlaga di kancah nasional hingga internasional.

"Mungkin suatu saat nanti mereka bisa mewakili Maluku dalam ajang nasional maupun internasional seperti PON maupun SEA Games, karena e-sport menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingknan di PON dan  SEA Games," ujarnya.

Nantinya dua tim yang lolos dari pertandingan ini akan melawan para pemenang zona timur dan dua tim teratas dari zona timur akan diadu masing-masing dengan dua tim dari zona barat dan tengah.

"Akan ada enam tim yang bertanding di grand final memperebutkan juara, mereka yang juara nanti mendapatkan hadiah serta beasiswa studi di UT karena ini merupakan event nasional serentak yang diselengarakan di kampus UT seluruh Indonesia," ucapnya.

Disamping itu kata dia turnamen E-Sport MLBB ini selaras dengan UT yang selama ini mengedepankan TIK sebagai alat pembelajaran. Menurutnya hal ini sesuai dengan kebiasaan Gen Z saat ini yang banyak berintraksi menggunakan gadget.

Peserta turnamen game online antar pelajar yang diselenggarakan oleh UT Ambon sedang serius bertanding (ANTARA/Dedy Azis)

Oleh sebab itu kata dia kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang bisa menjadi pilihan bagi siswa-siswa SMA sederajat untuk melanjutkan studi di kampus ini.

Sebab UT memiliki sistem pembelajaran jarak jauh dan fleksibel sehingga memungkinkan bagi para mahasiswa untuk melanjutkan studi sambil bekerja atau kesibukan lainnya tentu dengan biaya yang terjangkau.

"Apalagi saat ini UT berpredikat A dan ini mengukuhkan UT sebagai satu satu perguruan tinggi negeri di Maluku yang berakreditasi A. Kami ingin menjadikan UT semakin dikenal oleh siswa SMA," tuturnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024