Ambon (Antara Maluku) - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Budiman menyatakan, untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, damai dan sejahtera perlu dibangun persaudaraan sejati dalam kasih Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Kedamaian tidak hanya didapatkan oleh umat Kristiani tapi juga menjadi dambaan seluruh umat manusia," kata Kasad dalam sambutan pada acara perayaan Natal 2013 di Ambon, Kamis (26/12) malam.

Kasad menghadiri Natal bersama jajaran Kodam XVI Pattimura, yang dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Maluku, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan warga Kota Ambon.

Menurut Kasad, hakekat yang terkandung dalam perayaan Natal adalah semangat pengorbanan, persaudaraan, dan kesetikawanan sosial.

"Semangat inilah yang harus terus mengilhami dan menginspirasi kita semua untuk membangun bangsa dalam suasana yang penuh kebersamaan, persatuan dan kesatuan," ujarnya.

Nilai-nilai tersebut juga seharusnya melandasi tekad dan semangat juang dalam berbagai kehidupan umat manusia dengan moral dan etika yang saling membantu dalam segala kesulitan dan kesusahan serta senantiasa hadir untuk berbuat baik bagi sesama.

"Dalam konteks Indonesia yang beranekaragam suku, agama, budaya dan ras maka nasionalisme Indonesia harus tertanam dalam jiwa setiap anak bangsa," kata Kasad.

Karena itu, kearifan lokal pela gandong dengan semangat persaudaraan dan kekeluaragaan yang menjadi kebanggaan masyarakat Maluku sejak dulu hingga sekarang perlu terus ditumbuh kembangkan.

"Saya mengajak segenap komponen masyarakat di daerah ini untuk menghilangkan ego sektoral dan menghindari terjadinya konflik dan kekerasan agar pembangunan bisa berjalan optimal," imbuh Kasad.

"Mari kita bangun daerah ini dengan hati nurani yang tulus sesuai tugas kita masing-masing, sebagai bagian dari komponen bangsa," katanya.

Karena itu TNI AD tetap berkomitmen dan konsisten untuk memberikan dukungan yang terbaik demi terwujudnya kemajuan daerah dan rakyat di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Maluku atas dukungan dan kerjasamanya sehingga satuan jajaran Kodam XVI Pattimura dapat melaksanakan tugasnya dengan baik," katanya.

"Saya juga berharap dukungan dan kerjasama yang telah dibangun dengan baik dapat terus terpelihara dan ditingkatkan lagi di masa yang akan datang," ujar Kasad.

Kasad pada kesempatan itu mengucapkan selamat Natal kepada umat Kristiani di Maluku.

"Saya mengucapkan selamat Natal kepada bapak dan ibu umat Kristiani kiranya perayaan Natal bersama malam ini akan semakin memantapkan kehidupan kerohanian kita sebagai insan ciptaan Tuhan," katanya

"Natal yang dirayakan untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus, selain dapat menjadi wahana untuk meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, juga dapat dimanfaatkan merajut talisilahturahmi, " katanya

Pewarta: Finus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013