Kepolisian resort (Polres) Maluku Barat Daya (MBD) Maluku mengintensifkan persiapan pengamanan menjelang Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Maluku 2024.

"Kami mengajak seluruh masyarakat MBD termasuk TNI dan unsur keamanan lainnya, serta semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada Tahun 2024 untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama pelaksanaan Pilkada," kata Kapolres MBD AKBP Pulung Wietono dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Senin.

Hal itu dikatakannya dalam apel gelar pasukan untuk Operasi Mantap Praja Salawaku 2024 di lapangan Kalwedo Tiakur, MBD yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati MBD Agustinus L. Kilikily.

Menurut Kapolres, Kehadiran Wakil Bupati MBD merupakan bagian dari komitmen dan kerja sama antara pemerintah daerah, Polri, dan penyelenggara Pemilu, yaitu Bawaslu dan KPU untuk mengawal dan mengamankan jalannya Pilkada Tahun 2024 mulai dari tahap perencanaan sampai dengan purna pemilihan, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman, kondusif, tertib, dan lancar.

Ia juga menekankan pentingnya keterlibatan aktif dari seluruh lapisan masyarakat, baik dari segi dukungan maupun tindakan nyata di lapangan, guna memastikan Pilkada berjalan dengan lancar dan tertib, tanpa gangguan yang dapat menghambat proses demokrasi.

Hal ini kata dia juga bertujuan untuk mengurangi potensi konflik dan meningkatkan stabilitas selama berlangsungnya Pilkada.

"Pada kesempatan upacara gelar Pasukan ini, saya mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Maluku Barat Daya serta semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Pilkada Tahun 2024, untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan dan memelihara kondusifitas situasi kamtibmas selama pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 ini,"Ujar Kapolres Pulung Wietono.

Ia juga mengingatkan pentingnya kesiapsiagaan seluruh elemen dalam menjaga kondusifitas selama pelaksanaan Pilkada.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024