Ternate (Antara Maluku) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan, Maluku Utara, mengandalkan kekayaan wisata bahari untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah bekas pusat pemerintahan Kesultanan Bacan itu, baik dari dalam maupun luar negeri.

Sekertaris Kabupaten Halmahera Selatan Helmi S di Ternate, Kamis mengatakan wilayahnya memiliki sejumlah potensi wisata bahari yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan, di antaranya objek wisata Pantai Gura Ici.

Objek wisata yang terletak di Kepulauan Lelei itu, selain memiliki panorama pantai pasir putih yang sangat menawan, juga mempunyayi panorama bawah laut yang sangat indah, bahkan ada sebagian wisatawan yang melukiskan sebagai surga bawah laut.

"Panorama bawah laut di objek wisata Gura Ici itu tidak hanya menawarkan keindahan terumbu karang, tapi juga keanekaragaman ikan, termasuk di antaranya kawanan ikan pari berukuran raksasa yang setiap saat bisa ditemukan di lokasi itu," kata Helmi S.

Di objek wisata Pantai Gura Ici tersebut telah dilengkapi dengan berbagai infrastruktur penunjang, seperti rumah peristrahatan, peralatan untuk menyelam serta berbagai sarana untuk permainan seperti banana boat.

Ia mengatakan, objek wisata bahari lainnya di Halmahera Selatan yang tidak kalah menariknya adalah Pulau Widi, panorama bawah laut diperairan sekitarnya sangat menawan, bahkan tidak kalah dibandingkan dengan yang ada di Raja Ampat, Papua Barat.

Pemkab Halmahera Selatan masih memiliki keterbatasan dana untuk mengembangkan objek wisata Pulau Widi itu, oleh karenya Pemkab sangat mengharapkan kehadiran investor, baik dalam maupun luar negeri untuk mengembangkannya.

Ia menambahkan, Pemkab tengah mengupayakan agar ada penerbangan langsung dari Labuha, ibu kota Halmahera Selatan ke Manado atau Makassar guna memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke Halsel, karena selama ini penerbangan ke daerah ini hanya penerbangan perintis dua kali seminggu dengan rute Labuha-Ternate.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014