Kepolisian Resort (Polres) Ternate, Maluku Utara (Malut) menangani kasus seorang pria di kota Ternate   Iwan Hasan (44 tahun) warga Kelurahan kota Baru yang tega melakukan tindakan penganiayaan dengan cara membakar anak kandungnya sendiri. 

"Pelaku Iwan diduga membakar  anaknya sendiri hingga mengalami sejumlah luka serius dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Chasan Boesoirie," kata Kasat Reskrim Polres Ternate Iptu Bondan Manikotomo di Ternate, Kamis.

Dia mengatakan, usai kejadian pria tersebut langsung diamankan ke Polres untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. 

Kronologis kejadian, orang tua tersebut diduga emosi dan nekat melakukan aksi penganiayaan anak dengan cara membakar tubuhnya.

Kasat menyampaikan berdasarkan keterangan saksi  Tina  awalnya gadis  tersebut keluar rumah pada Selasa (10/9) sekitar pukul 01.20 WIT  tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Saat itu, pelaku menanyakan keberadaan korban kepada  Tina lalu menjawab kalau korban baru saja bersamanya pergi ke Sofifi. Namun ketika balik ke Ternate korban malah tidak mau ikut. 

Mendengar hal itu sekitar pada Rabu (11/9/2024) sekitar pukul 19.30 WIT  pelaku  mengajak Tina mencari korban ke  Sofifi dan membawa ke Ternate. Tiba di Ternate sekitar pukul 22.20 WIT korban dibawa ke rumah dan disiksa. 

"Tiba di rumah orang tua korban mengambil gunting lalu memotong rambut korban kemudian orang tua korban pergi keluar membeli lilin dan meneteskan lilin di kaki korban," kata Kasat Reskrim

 Setelah itu, ayahnya tersebut menyuruh Tina mengambil minyak tanah dan menyiram korban lalu membakarnya dengan lilin. 

"Orang tuanya mengambil minyak tanah tersebut dan menumpahkan di penutup galon lalu menyiram korban dari kepala hingga baju korban basah, setelah itu saksi balik ke dapur saksi kaget sudah ada suara teriak dan dilihat ternyata korban sudah terbakar saksi lalu pergi mengambil air dan langsung menyiram korban," katanya. 

Akibatnya korban mengalami luka bakar yang cukup serius di seluruh tubuh. 

"Korban ini mengalami luka bakar kurang lebih 65 persen  dan masih dirawat di IGD RSUD Chasan Boesoerie Ternate dan untuk pelaku yang merupakan ayah korban dibawa oleh RT setempat untuk  diamankan di ke Polres Ternate," katanya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024