Enam negara akan ikut serta memeriahkan pertunjukan musik World Music Concert (WMC) 2024 pada perayaan HUT ke-5 Ambon City Of Music (ACOM) pada 30 Oktober 2024.

"Pertunjukan WMC akan diikuti enam negara, yakni Korea Selatan, Vietnam, Thailand, Malaysia, Belanda, dan Indonesia, dengan mengusung tema musik dan alam," kata Direktur Ambon Music Office Ronny Loppies di Ambon, Minggu.

Dia menjelaskan, pertunjukan WMC 2024 itu akan menghadirkan penampilan Dasom Baek (Ulsan-Korsel), Lee Jihun & Chibaes (Ulsan-Korsel), Noll-J (Jinju-Korsel), Jessica Manuputty (Belanda), Boi Akih (Belanda) Putthakhum Saengsopee (Suphanburi-Thailand), Muzeka Selendangan Perak (Ipoh-Malaysia), dan Arca (Ambon-Indonesia).

Ia mengatakan, WMC 2024 dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkuat jejaring antar-kota kreatif musik maupun yang bukan kota kreatif UNESCO.

Hal ini merupakan peluang besar sebenarnya dari Ambon kota musik melakukan berbagai kerja sama yang dimulai dari pendekatan budaya.

WMC 2024, katanya, membuktikan kerja keras Ambon Music Officr (AMO) yang berupaya secara sistematis melakukan terobosan kerja sama secara internasional, yang berdampak pada pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, dari sebuah kerja inovatif dan kreatif, sehingga semua kota besar mau datang ke Ambon.

Ia menyatakan, pelaksanaan WMC 2024 juga akan dibarengi dengan kegiatan ASEAN Music Cities Forum 2024.

Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh Focal point pengembangan kota kreatif dunia, dari Korea Selatan,Thailand, Malaysia, dan Vietnam, dan sebuah organisasi besar dari Thailand yaitu DASTA .

Forum ini akan menjadi tonggak sejarah penting dalam membangun jejaring dan mempengaruhi dunia, untuk terus membicarakan musik selaku kekayaan budaya dan alam yang diciptakan Tuhan dalam upaya membangun kota dan masyarakat yang berkelanjutan.

Musik dan alam, katanya, menjadi tema pelaksanaan ASEAN Music Cities Forum 2024, di mana hubungan antara musik dan alam menarik untuk didiskusikan dalam konteks kota-kota musik dunia UNESCO di wilayah ASEAN.

"Dengan menggunakan daftar solusi dari SDGs 2030 -tujuan 11, 13 dan 15- dan Mondiacult 2022 -kultur dan dimensi perubahan iklim-," katanya.

Ia menambahkan, seluruh aktivitas menjelang HUT ke-5 ACOM ini menjadi cikal bakal pergerakan Ambon city of music untuk membangun Asia Pasific lewat program Sound of Green (SoG).



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Enam negara akan ikut pertunjukan musik meriahkan HUT Ambon kota musik

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024