Direktorat Samapta Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara meningkatkan pengamanan menjelang Pilkada 2024  melalui   patroli rutin di sekitar wilayah Pasar Gamalama, Kota Ternate  untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

"Patroli ini bertujuan  memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat di kawasan tersebut. Selama kegiatan, petugas Raimas menyempatkan diri   berinteraksi dengan masyarakat," kata Kabid Humas Polda Malut Kombes Pol Bambang Suharyono di Ternate, Selasa.

Dia mengatakan, petugas  juga memantau situasi di sekitar Kantor Lurah Gamalama dan area Pasar Gamalama. Kegiatan ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi terkait potensi gangguan keamanan serta mencegah terjadinya tindak kriminalitas di wilayah yang dikunjungi.

Petugas Raimas Direktorat Samapta Polda Malut juga menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat kepada warga, serta memberikan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga keamanan lingkungan. 

"Dengan pendekatan ini, diharapkan masyarakat semakin waspada dan turut aktif dalam menjaga ketertiban di sekitar Kota Ternate," ujarnya. 

 Upaya pencegahan ini merupakan bagian dari komitmen Direktorat Samapta Polda Maluku Utara dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayahnya.

Dia menyebut, Polda Malut terus menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada dengan meningkatkan patroli di berbagai lokasi bertujuan untuk mencegah potensi gangguan keamanan.

Ia  menjelaskan bahwa peningkatan patroli ini merupakan bagian dari strategi pencegahan dini terhadap potensi gangguan keamanan selama Pilkada.

Menurutnya, situasi keamanan yang kondusif adalah kunci utama suksesnya pelaksanaan Pilkada. 

"Kami ingin memastikan bahwa masyarakat merasa aman dan nyaman dalam menggunakan hak pilihnya tanpa ada tekanan atau intimidasi," ujarnya.

Selain patroli, Polda Malut juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga situasi tetap damai.

Sosialisasi ini bertujuan menciptakan suasana kondusif dan mencegah penyebaran informasi hoaks yang dapat memicu konflik.

Oleh karena itu, dengan berbagai langkah yang telah diambil, Polda Malut optimistis  Pilkada  akan berlangsung dengan aman, tertib dan damai. 

Pihaknya berharap kerja sama semua pihak dapat mengurangi potensi konflik dan menciptakan suasana harmonis bagi seluruh masyarakat.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024