Pemerintah Kota Ternate menyerahkan aset SMA Negeri 8 Kota Ternate ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) yang merupakan bagian dari pengalihan kewenangan pengelolaan sekolah menengah atas (SMA) dari pemerintah kabupaten/kota ke Pemprov.

"Pengalihan kewenangan ini bertujuan agar pemerintah daerah bisa lebih fokus dalam meningkatkan kualitas pendidikan," kata Pj Gubernur Malut, Samsuddin A. Kadir di Ternate, Selasa.

Penyerahan aset ini diawali dengan penandatanganan dokumen dan sekaligus penyerahan aset dari Pemerintah Kota  Ternate yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Kota Ternate Rizal Marsaoly kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang diterima Pj. Gubernur Maluku Utara Samsuddin A. Kadir.

Gubernur menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kota Ternate atas sinergi dan kolaborasi bersama dalam mensukseskan pembangunan di daerah ini.

Selain itu, dalam konteks kebijakan pengalihan kewenangan pendidikan menengah di Provinsi Maluku Utara, redistribusi kewenangan dilakukan dari kewenangan pengelolaan pendidikan menengah SMA dan SMK dalam hal ini melalui Pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Maluku Utara kemudian diserahkan sekaligus menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

"Untuk itu saya sangat mengapresiasi bahwa serah terima aset SMA Negeri 8 Kota Ternate kepada pemerintah provinsi pada hari ini dapat terlaksana berkat sinergitas dari semua pihak dalam merampungkan semua proses yang dibutuhkan untuk pengalihan asset," ungkapnya

Proses pengalihan aset dan menginventarisir seluruh aset yang diserahkan tidaklah mudah, namun hal ini merupakan bagian dari upaya  bersama dalam melaksanakan amanat undang-undang.

Sementara itu, Sekretaris Kota Ternate Rizal Marsaoly mengatakan bahwa sesuai dengan regulasi yang berlaku, pengelolaan SMA/SMK kini menjadi wewenang Pemerintah Provinsi. Maka serah terima ini merupakan amanat dari undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Lanjutnya, bahwa SMA Negeri 8 Kota Ternate adalah salah satu aset pendidikan yang sangat berharga bagi  semua.

"Selama ini, sekolah ini telah memberikan kontribusi besar dalam mencetak generasi muda yang berprestasi dan berkualitas," ujar Sekkot.

Dia berharap nanti di bawah Pemprov Malut agar prestasi ini dapat ditingkatkan.

"Saya yakin dengan serah terima ini SMA 8 akan mendapat dukungan yang lebih optimal dari segi pengelolaan," katanya.

Disela-sela itu, Pj Gubernur Malut bersama Sekretaris Kota Ternate berkesempatan meninjau Pembangunan beberapa gedung sekolah SMA N 8 Kota Ternate.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024