Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Pulau Morotai bekerja sama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasifik Morotai (UNIPAS), Maluku Utara (Malut) untuk sosialisasikan tata cara penulisan artikel ilmiah berbasis bagi mahasiswa.

Dekan FKIP UNIPAS Pulau MOrotai, Fahmi Djaguna, M.Pd dihubungi, Selasa, mengatakan, penulisan artikel ilmiah harus terus disosialisasikan ke mahasiswa, agar mampu dalam penguasaan penulisan ilmiah di era digital.

"Dengan kemajuan teknologi, mahasiswa harus mampu memanfaatkan alat berbasis AI (kecerdasan buatan) dalam proses penulisan," ujarnya.

Sehingga, dalam menggelar workshop bertajuk Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis AI untuk mahasiswa, sehingga, kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari Program Kelas Literasi yang bertujuan meningkatkan kemampuan penulisan akademik mahasiswa.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber utama. Dr. Febriana Pratiwi, M.Pd, memaparkan strategi efektif dalam penulisan artikel ilmiah, memberikan wawasan berharga bagi mahasiswa dalam menyusun karya yang berkualitas.

Sementara itu, Risky R Sarapung, M.Pd, membahas pedoman submit artikel pada jurnal, menekankan pentingnya pemahaman terhadap prosedur publikasi.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dan mempersiapkan mereka untuk berkontribusi lebih besar di dunia akademik," katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah, Kabupaten Pulau Morotai, Alprit Santiago mengatakan, kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari Program Kelas Literasi yang bertujuan meningkatkan kemampuan penulisan akademik mahasiswa.

Dia mengungkapkan, saat ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Malut mendorong pengelolaan perpustakaan desa guna mewujudkan generasi yang menguasai data dan informasi, termasuk di Kabupaten Pulau Morotai.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024