Ambon (Antara Maluku) - Konsul Jenderal Amerika Serikat untuk Republik Indonesia di Surabaya menyatakan akan menghadiri pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih periode 2014-2019.

"Selain Mendagri Gamawan Fauzi dan beberapa Menteri, Konjen AS di Surabaya juga bakal menghadiri pelantikan kepala daerah yang baru," kata Wakil Ketua DPRD Maluku, Zaid Mudzakir Asagaff di Ambon, Senin.

Rencana kehadiran pihak Konjen Amerika diketahui setelah mengirimkan faximail ke Sekretariat DPRD Maluku untuk menanyakan waktu pelantikan kepala daerah yang baru.

Tujuan kehadiran mereka sekaligus untuk bersilaturahim dengan Gubernur dan Wagub Maluku yang baru.

Menurut Zaid Mudzakir, Surat Keputusan pengesahan dan pelantikan Zaid Assagaff-Zeth Sahubrua sebagai gubernur dan wagub terpilih sudah ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan telah dikembalikan ke Mendagri.

"Sekda Maluku Ros Farfar bersama Sekretaris DPRD Maluku Michael Rumadjak telah berangkat ke Kemendgari untuk mengikuti rapat koordinasi terkait dengan kepastian waktu kunjungan Mendagri ke sini sekaligus melakukan pelantikan," katanya.

Sebab rencananya Mendagri Gamawan Fauzi juga akan bermalam di Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku.

Sesuai peraturan perundang-undangan, kata Zaid Mudzakir, pelantikan kepala daerah dilaksanakan minimal 30 hari setelah Keppres diterbitkan atau ditandatangani.

"Jadi paling lambat pelantikan kepala daerah sudah terealisasi awal pekan depan dan DPRD selalu siap untuk menjalankan agenda pelantikan dalam sebuah rapat paripurna khusus," ujarnya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014