Personel Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Maluku Utara (Malut) menggelar kegiatan Pendidikan Masyarakat Lalu Lintas (Dikmas Lantas) melalui program Police Goes to School untuk memberikan edukasi keselamatan berlalulintas bagi siswa di Ternate.

"Program Police Goes to School merupakan salah satu bentuk nyata upaya Kepolisian dalam mendidik dan membina siswa agar memiliki kesadaran yang tinggi terhadap peraturan lalu lintas," kata PS. Kanit 1 Subdit Kamsel, Ditlantas Polda Malut, Iptu Abdullah Tata di Ternatea, Rabu.

Pada kegiatan yang dihadiri personel Ditlantas, kepala sekolah, guru, serta seluruh siswa SMK Negeri 1 Kota Ternate itu, Abdullah Tata menyampaikan apresiasi kepada pihak sekolah atas kesediaan menerima kehadiran jajaran Polda Maluku Utara. Ia menekankan pentingnya penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas di kalangan remaja.

Selain itu, ia menekankan pentingnya disiplin, keterampilan, dan tanggung jawab baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga masing-masing.

Dalam kesempatan itu, Iptu Abdullah juga memberi arahan tentang bagaimana menjadi "polisi bagi diri sendiri".

Ia mengajak para siswa untuk menjauhi perilaku yang merugikan diri sendiri dan orang lain, seperti merokok, minuman keras, narkoba, seks bebas, dan melanggar aturan lalu lintas.

Tidak lupa, dirinya juga mengingatkan tentang dampak buruk media sosial dan elektronik. Ia mengimbau para siswa untuk tidak terjebak dalam konten yang merusak moral seperti pornografi, radikalisme, dan intoleransi, serta menggunakan media sosial dengan bijak.

Kegiatan ini diakhiri dengan pesan dari Iptu Abdullah agar para siswa selalu mematuhi aturan berlalu lintas, seperti menggunakan helm standar SNI, tidak berboncengan lebih dari dua orang, serta memastikan kelengkapan kendaraan sesuai ketentuan.*

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024