Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku menjadi tuan rumah pertemuan tahunan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia timur pada 7-8 Oktober 2024.

"Pertemuan ini akan dihadiri oleh Menteri ESDM Bahlil Lahadalia yang dijadwalkan tiba di Kota Ambon pada Senin pagi (7/10) 2024," kata Wakil Rektor IV Universitas Pattimura Ruslan HS Tawari di Ambon, Minggu.
 

Dijelaskan, dalam pertemuan tahunan ini ada dua agenda besar yang dilaksanakan, yakni pertama lokakarya penguatan tata kelola dan integrasi LMS Di PTN KTI menuju World Class University atau kampus bertaraf dunia, dan kedua, meresmikan Journal Publication Management Centre atau pusat manajemen publikasi jurnal.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menghadirkan pimpinan perguruan tinggi demi mendapatkan pemahaman yang sama terkait dengan gerakan perguruan tinggi di Indonesia timur untuk berkolaborasi membangun pendidikan dan akreditasi," katanya.

Menurutnya, dengan kegiatan ini perguruan tinggi tidak lagi dilihat menjadi perguruan tinggi yang berdiri sendiri, namun menjadi lokomotif pembangunan pada kawasan timur.

"Kami sudah berbicara dengan pak Menteri ESDM Republik Indonesia untuk bersama-sama dengan perguruan tinggi kawasan timur demi mempercepat laju pembangunan di kawasan timur Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Djufri Pattilouw, menjelaskan bahwa kegiatan ini akan dihadiri oleh 46 Pimpinan universitas dan politeknik negeri se-Indonesia timur.
 

Dalam kegiatan lokakarya penguatan tata kelola dan integritas LMS Dikti Menuju World Class University materi akan disampaikan oleh Prof Ary Purbayanto, Prof Ranny AR, Prof Eng Adi Wahyudi Paundu.

Wokshop kedua adalah jurnal publication management center yang menjadi narasumber adalah pertama Prof Jamaluddin Jompa, Prof Dahlang dan Prof Febby Polnaya.

"Tema kegiatan tersebut yakni transformasi, sinergi dan inovasi menuju World Class University," katanya.

Disamping itu kedatangan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia diluar agenda pertemuan dengan perguruan tinggi se-Indonesia timur adalah melaksanakan peletakkan batu pertama pembangunan gedung sport center Universitas Pattimura dengan nama Bahlil Lahadalia.

Hal itu dilakukan karena Menteri ESDM adalah tokoh muda dari Indonesia timur yang muncul dari daerah yang tampil di panggung nasional.

"Beliau menjadi inspirasi bagi kita semua di kawasan timur Indonesia khususnya Provinsi Maluku. Selain itu, menteri ESDM juga akan melakukan kunjungan pada Negeri Hila Kaitetu untuk melihat wisata masjid dan gereja tertua," ujarnya.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Unpatti jadi tuan rumah pertemuan PTN-PTS se-Indonesia Timur

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024