Pemprov Maluku melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM)  memberikan pelatihan integritas dan moralitas pada anggota DPRD terpilih dalam mengemban amanah sebagai wakil rakyat periode 2024-2029.

"Pelatihan ini diberikan kepada anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Buru Selatan, dan Kota Ambon periode 2024-2029," kata Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie saat membuka pelatihan di Maluku Tengah, Kamis.

Sadali mengatakan pelatihan integritas dan moralitas itu diikuti oleh sebanyak 109 peserta yang merupakan anggota DPRD terpilih.

Menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam rangka memberikan pemahaman kepada para anggota DPRD kabupaten/kota, dalam melaksanakan tugas wewenang dan tanggung jawab sebagai bagian dari lembaga legislatif di daerah ini.

Dirinya mengatakan, dengan terpilihnya anggota dewan kabupaten kota, merupakan suatu amanah untuk merealisasikan cita-cita, bersama akan  daerah yang lebih maju sejahtera dan bermanfaat.

“DPRD harus hadir di tengah masyarakat guna menyuarakan aspirasi masyarakat, di tangan para wakil rakyat, amanah rakyat diemban,” kata Sadali.

Oleh sebab itu, Sadali mengatakan kegiatan ini  penting guna membekali peserta terkait dengan pengenalan tugas wewenang integritas dan moralitas anggota DPRD, sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah dan menjadi salah satu upaya mewujudkan  wakil rakyat, yang bersih dan berwibawa.

Ia berharap pelatihan ini akan memperkuat fungsi dasar legislasi, pengawasan dan anggaran, yang harus berjalan seiring dan saling mendukung.

Sadali berharap kepada seluruh anggota DPRD agar dapat melahirkan produk legislasi yang relevan dengan kepentingan daerah.

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024