Empat atlet paralimpiade Maluku  mempersembahkan dua medali perak dan dua perunggu untuk daerahnya pada Pekan paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 di Solo, Jawa Tengah.

"Mereka adalah Tedy Nidjaya dan Simson Marangkey yang memperoleh medali perunggu, serta Adyos Astan dan Barce Layaba yang memperoleh medali perak," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maluku Sandy Wattimena dihubungi dari Ambon pada Minggu.

Dia menjelaskan Tedy Nidjaya meraih medali perunggu para menembak nomor 10 Air Rifle Prone Mixed SH-2 RS, sedangkan Simson Marangkey yang juga menyumbangkan perunggu tenis meja tunggal putra TRW 1.

Adyos Astan meraih medali perak para tenis meja tunggal putra elite kelas 4 dan Barce Layaba meraih medali perak tenis meja nomor tunggal putra elite kelas 5.

"Selamat untuk keempat atlet tersebut karena telah mengharumkan nama Maluku di Peparnas XVII Solo, Jawa Tengah, terima kasih kepada seluruh atlet yang telah berjuang," kata dia.

Dua medali perak dan dua medali perunggu itu membut Maluku  berpuas diri pada peringkat ke-26 dari 28 provinsi peserta Peparnas 2024.

Hasil itu bukan  angin segar bagi Maluku karena pada Peparnas Papua 2021, Maluku menduduki urutan ke-19 dengan meraih 13 medali  yang terdiri atas tiga medali emas, dua medali perak dan delapan perunggu.

Maluku mengirimkan 30 atlet untuk Peparnas 2024.  Mereka bertanding dalam para atletik, para renang, para tenis meja, para bulu tangkis, para catur, para menembak dan para panahan.

Ke-30 atlet didampingi oleh 11 pelatih, dan tujuh ofisial untuk menunjang kebutuhan dan keperluan atlet selama di Solo.

Setelah penutupan Peparnas pada 15 Oktober para atlet akan kembali ke Maluku.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024