Ambon (Antara Maluku) - Unifersitas Pattimura (Unpatti) Ambon kembali mengimbau kepada semua kepala sekolah di Maluku untuk memperhatikan anak didik terutama kelas tiga di tingkat SMA sederajat yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) agar segera mendaftar guna mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun akademi 2014/2015.

"Kami sudah memberikan imbauan dan juga sosialisasi langsung lewat seluruh Kepala Dinas Pendidikan kabupaten dan kota di Maluku dan meminta agar diinformasikan langsung kepada Kepala - Kepala Sekolah ," kata Pembantu Rektor I Unpatti Ambon Muhammad Riadh Uluputty di Ambon, Selasa.

Sejak SNMPTN Unpatti Ambon dibuka tanggal 6 Januari 2014, dan akan berakhir pada 6 Maret 2014, belum semua SMA atau yang sederajat mendaftar.

"Hingga Kamis (6/3) baru 84 sekolah SMK sederajat dari 354 sekolah di Maluku yang mendaftar. Kami berharap partisipasi dari sekolah - sekolah yang ada di Maluku terutama yang berada di kabupaten yang cukup jauh dari Kota Ambon untuk dapat memperhatian hal ini demi kepentingan anak - anak didik," ujarnya.

Riadh mengungkapkan, sekolah yang sudah mendaftar terdiiri dari 27 SMA/Sederajat di Kota Ambon, 24 di Maluku Tengah, empat di Seram Bagian Barat, tiga di Seram Bagian Timur, empat di Maluku Tenggara, delapan di Maluku Tenggara Barat, dua di Maluku Barat Daya, dua di Kepulauan Aru, lima di Kota Tual, tiga di Buru, dan dua di Buru Selatan.

"Kalau sampai semua kabupaten dan kota mendaftar maka presentase tahun 2014 akan lebih baik jika dibandingkan tahun akademi 2013/2014, sehingga betul - betul anak - anak didik di bangku SMA sederajat dapat menikmati pendidikan di perguruan tinggi," katanya.

Tanpa partisipasi dari kepala sekolah, lanjutnya, sudah tentu anak - anak kita di daerah Maluku yang ada di bangku SMA sederajat yang berpotensi secara akademi tidak bisa memasuki perguruan tinggi negeri.

"Jadi pembukaan pendaftaran lanjutan ini nantinya akan ditutup pada tanggal 31 Maret 2014 , sedangkan proses seleksi ditingkat nasional nantinya berlangsung pada tanggal 1 April sampai dengan tanggal 26 Mei dan pengumuman hasil seleksi pada tanggal 27 Mei 2014," katanya.

Sedangkan pendaftaran ulang pada tanggal 17 Juni 2014 bersamaan dengan ujian tertulis pada tahapan kedua seleksi SNMPTN.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014