Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (BKHIT) Maluku menggelar donor darah dan mengumpulkan 100 kantong darah untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ambon dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-147 Karantina Indonesia.

“Pada hari ini kita bekerja sama dengan PMI Ambon dengan target 100 kantong untuk kami serahkan ke mereka dalam upaya mendukung pemenuhan kebutuhan darah di wilayah ini,” kata Kepala BKHIT Maluku Abdur Rohman di Ambon, Rabu.

Kegiatan donor darah yang berlangsung di halaman kantor Balai Karantina itu dihadiri oleh pegawai, sejumlah instansi terkait serta masyarakat umum yang menyumbangkan darah demi membantu sesama.

Tim medis dari PMI Ambon turut hadir untuk melakukan proses pengambilan darah dan memastikan kesehatan para pendonor.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial lembaga untuk berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan darah di daerah yang sering mengalami kekurangan pasokan.

“Kami berharap melalui kegiatan ini kami dapat membantu menyelamatkan nyawa dan mendukung PMI dalam menyediakan darah untuk masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Selama acara, para peserta juga diberikan informasi mengenai pentingnya donor darah dan manfaatnya bagi kesehatan. Donor darah secara rutin dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan memberikan kesempatan bagi para pendonor untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Dengan semangat saling membantu, diharapkan lebih banyak lembaga dan individu akan terinspirasi untuk berkontribusi dalam kegiatan sosial ini demi kesehatan masyarakat.

Selain donor darah, dalam kegiatan perayaan HUT ke 147 ini Balai Karantina Maluku juga mengadakan bazar murah bekerja sama dengan Dharma Wanita serta sejumlah gerai modern.

“Kami juga melakukan bakti sosial melalui kegiatan bazar murah diperuntukkan untuk masyarakat di sekitar sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pasokan bahan pokok warga,“ ucapnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024