Bek Mathew Baker senang bisa mencetak gol untuk tim nasional U-17 Indonesia apalagi gol tersebut membawa skuadnya menang 1-0 atas tuan rumah Kuwait pada laga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Abdullah Al Khalifa, Kuwait, Rabu (23/10).

"Ini gol pertama saya untuk Indonesia. Saya sangat senang. Semoga ini menjadi yang pertama dari banyak gol berikutnya," ujar Mathew, dikutip dari keterangan PSSI di Jakarta, Kamis.

Pesepak bola yang lahir di Melbourne, Australia, 15 tahun lalu itu pun mengaku bahagia karena gol tersebut datang setelah persiapan intensif yang dijalani timnas U-17 Indonesia selama beberapa minggu.

Menurut Mathew, pemusatan latihan dan beberapa laga uji coba yang dijalani selama masa persiapan membuat skuad timnas U-17 Indonesia lebih percaya diri.

Mereka terus berjuang hingga akhir saat menghadapi Kuwait dan tidak gentar meski sang lawan adalah tuan rumah kualifikasi tersebut.

"Laga melawan Kuwait itu sulit, apalagi itu pertandingan pertama. Namun kami bekerja keras dan pada akhirnya bisa mendapatkan hasil yang kami harapkan," tutur Mathew.

Timnas U-17 Indonesia sebelumnya melalui pemusatan latihan di Bali dengan dua kali bertanding kontra India pada Agustus 2024. Hasilnya masing-masing sekali menang dan kalah.

Kemudian, timnas U-17 melakukan pemusatan latihan di Spanyol pada 15-30 September 2024 dan di Qatar pada 1-10 Oktober 2024.

Di Spanyol, anak-anak asuh pelatih Nova Arianto bertanding menghadapi Swiss (Indonesia kalah 0-2), Skotlandia (kalah 1-6 dan 1-2), Kepulauan Faroe (menang 3-0) dan klub muda Real Murdia (kalah 1-2).
 

Sementara itu di Qatar, Indonesia dua kali menjajal kekuatan timnas U-17 negara tersebut. Hasilnya, Indonesia menang 2-1 dan pertandingan kedua berakhir sama kuat 1-1.

Kemenangan atas Kuwait membuat Indonesia berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 dengan tiga poin dari satu laga.

Klasemen Grup G dipimpin oleh Australia yang pada hari yang sama melumat Kepulauan Mariana Utara dengan skor 19-0. Jumlah poin dan pertandingan Australia sama dengan Indonesia tetapi unggul selisih gol.

Adapun Kuwait bertengger di peringkat ketuga dengan poin nol setelah ditundukkan Indonesia dan Kepulauan Mariana Utara berstatus juru kunci.

Berikutnya di Grup G, Jumat (25/10), Indonesia akan bersua Kepulauan Mariana Utara dan dilanjutkan melawan Australia dua hari setelahnya.

Piala Asia U-17 2025 akan digelar di Arab Saudi pada 3-20 April 2025 dengan diikuti 16 tim peserta.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mathew Baker senang cetak gol untuk Indonesia

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024