Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memprogramkan tahun kunjungan Ambon 2015 yang diberi tema "Mangente Ambon" (datang berkunjung). untuk meningkatkan angka wisatawan.

"Program mangante Ambon dibuat agar masyarakat Ambon, maupun wisatawan yang ada di Indonesia maupun mancanegara dapat datang berkunjung ke kota yang dijuluki Ambon Manise," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Minggu.

Ia mengatakan, pelaksanaan program ini bertepatan dengan beberapa even di Ambon yakni Pesta Paduan Suara gerejawi (Pesparawi) tingkat nasional, dan konser 20 tahun berkarya atis asal Maluku Glenn Fredly pada tahun 2015.

"Ambon akan menjadi tuan rumah kegiatan tersebut, karena itu tahun 2015 diharapkan dapat menjadi tahun kunjungan wisata," katanya.

Menurut Wali Kota, potensi terbesar kota Ambon adalah sektor jasa dan pariwisata. Ambon juga memiliki potensi wisata bahari yang cukup diminati wisatawan.

"Kota Ambon ini juga tidak terlalu sulit untuk dijual karena namanya sudah dikenal masyarakat luar, keramahan juga merupakan faktor utama dan kekuatan disamping potensi alam dan budaya yang harus dikembangkan," ujarnya.

Richard mengakui, salah satu yang menjadi keprihatianan kepercayaan masyarakat pada tataran nasional dan internasional akan cara pandang keamanan kota ini.

"Berbagai pertanyaan masih terus kita dengar, apakah Ambon sudah aman untuk dikunjungi?? Kita tetap berupaya untuk merubah cara pandang masyarakat luar bahwa Ambon sudah sangat kondusif dan layak untuk dikunjungi," tandasnya.

Dijelaskannya, tahun ini pihaknya akan mendeklarasi program Visit Ambon dan selanjutnya akan menugaskan pimpinan SKPD untuk mengunjungi kota- kota di Indonesia.

"setiap pimpinan SKPD bertugas untuk bertemu dengan gubernur dan wali kota, selanjutnya melakukan koordinasi dengan organisasi masyarakat (ormas) Ambon di daerah tersebut guna selanjutnya dapat diinformasikan ke masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, program tersebut diharapkan dapat menjadi sarana pemulihan kondisi Ambon untuk kembali mendapat kepercayaan secara Nasional dan internasional.

"Visit Ambon bukan hanya untuk orang Ambon di Indonesia, tetapi juga masyarakat di luar negeri seperti Belanda, Australia dan negara lainnya," ujar Richard Louhenapessy.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014