Ambon (Antara Maluku) - PT Pos Indonesia Persero (Posindo) Cabang Ambon siap mengirimkan hasil Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran 2013/2014 ke alamat rumah para siswa peserta UN.

"Kami sudah mendata alamat siswa peserta UN baik untuk siswa SMK/SMA sederajat maupun SMP," kata Kepala Posindo Ambon, Daniel Uneputty di Ambon, Kamis.

Dia mengatakan semua petugas yang ditunjuk sudah siap untuk mengantarkan amplop hasil UN pada tanggal yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Ambon.

"Kalau tidak salah sesuai jadwal pengumuman hasil UN sekaligus pembagian amplop hasil UN pada tanggal 5 Mei 2014 untuk tingkat SMK/SMA dan sederajat," katanya.

Daniel menjelaskan kerjasama Posindo Ambon dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam pengiriman hasil UN untuk tingkat SMP dan SMK/SMA itu berdasar nota kesepahaman kedua pihak yang telah ditandatangani.

"Kerjasama yang sudah dilakukan sejak tahun 2012 dengan Pemkot Ambon terutama Dinas pendidikan dan Olah Raga Kota Ambon untuk mengatasi kejadian di luar kemampuan para guru maupun orang tua pada saat pengumuman hasil UN," ujarnya.

Dia mengatakan cara itu cukup berhasil dibandingkan dengan dengan tahun-tahun sebelumnya dimana siswa melakukan aksi coret-mencoret terutama pada seragam sekolah dan ada juga siswa yang tidak lulus lalu membuat keributan.

Menurut dia, kerjasama itu sangat menguntungkan sebab kalau pengumumannya lewat sekolah dan ada yang tidak lulus dalam pelaksanaan UN, maka bisa saja terjadi konsentrasi massa di jalan atau di tempat-tempat tertentu yang membuka kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tahun lalu boleh dikatakan sukses, tidak ada kegiatan coret- mencoret oleh siswa dan hal-hal yang dapat merugikan orang tua maupun siswa itu sendiri," ujarnya.

Daniel menambahkan pembagian hasil UN menggunakan amplop, pada pagi hari petugas pos sudah tiba di alamat rumah peserta UN sehingga tidak akan menyebabkan konsentrasi siswa di sekolah atau tempat lain.

"Jadi pada pagi hari yang sudah ditentukan dimana Wali Kota Ambon mengumumkan persentasi kelulusan, maka hasil UN untuk masing-masing peserta dimasukan ke amplop dan kemudian petugas pos mengantarkannya ke alamat peserta UN," kata Daniel.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014