Ambon (Antara Maluku) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon Thresjee Torry mengatakan di wilayah kerjanya ini ditemukan 30 kasus baru HIV/AIDS.

"Hasil evaluasi triwulan pertama pada 31 Maret 2014, tercatat sebanyak 30 kasus HIV AIDS ditemukan di Ambon," katanya, di Ambon, Selasa.

Menurut dia, data Dinkes Ambon terhitung bulan Januari ditemukan 11 kasus, Ferbuari 12 kasus dan Maret tujuh kasus baru.

Dari 30 kasus tersebut yang positif HIV sebanyak 19 orang dan AIDS sebanyak sembilan orang. Sementara berdasar jenis kelamin, jumlah penderita HIV/AIDS sama yakni laki-laki 15 orang dan perempuan 15 orang, katanya.

"Kasus HIV mendominsai peringkat teratas dengan jumlah 21 orang dan AIDS sembilan orang," katanya.

Tresjee mengatakan sejumlah penderita tersebar di lima kecamatam yakni kecamatan Sirimau sebanyak sembilan orang, Nusaniwe delapan orang, Baguala tiga, Teluk Ambon dua orang dan Leitimur Selatan satu orang.

Temuan ini, lanjutnya, masih bersifat sementara, karena diakhir Juni 2014 akan dilakukan evaluasi triwulan kedua jumlah penderita HIV/AIDS di kota Ambon.

"Saat ini kami masih melakukan pendataan jumlah penderita, untuk mengetahui data pasti hingga akhir tahun 2014" ujarnya.

Ia menjelaskan pihaknya telah melakukan sosialisasi dampak HIV AIDS bagi kehidupan, selain itu bagaimana penularan HIV AIDS itu bisa terjadi serta cara-cara menghindari agar penyakit tersebut bisa dihindari sedini mungkin.

"Penyebab utama HIV/AIDS melalui hubungan seks bebas dengan orang lain yang bukan istri atau suaminya, terutama dengan laki-laki atau perempuan yang sudah mengidap virus HIV/AIDS," tandasnya.

Diakuinya, kesadaran masyarakat untuk mengubah perilaku hidup merupakan kunci utama penularan penyakit berbahaya ini. Jika kesedaran ada maka jumlah ini akan mengalami penurunan.

"Kami terus melakukan sosialisasi mengenai dampak akibat yang ditimbulakn dari HIV AIDS, diantaranya bagaimana penularan HIV AIDS itu bisa terjadi serta cara-cara menghindari agar penyakit tersebut bisa dihindari sedini mungkin," kata Tresjee.

Data Dinkes Ambon sejak Januari 1994 hingga 31 Maret 2014, jumlah kasus HIV/AIDS telah mencapai 1.345 kasus.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014