Ambon (Antara Maluku) - Pengurus Kota (Pemkot) Pertina Ambon akan menyeleksi petinju untuk dipersiapkan ke pekan olahraga provinsi Maluku (Popmal) III dijadwalkan penyelenggaraannya di Kota Ambon, 21 - 27 November 2014.

"Seleksi melibatkan binaan dari sasana - sasana itu dijadwalkan pelaksanaannya 22 - 25 September 2014," kata Ketua Pengkot Pertina Ambon, Brury Nanulaitta saat dikonfirmasi di Ambon, Rabu.

Saat ini sudah terdaftar 37 petinju, baik putra maupun putri dengan harapan saat seleksi yang berlaga lebih dari 40 atlet.

Seleksi dilaksanakan dengan melibatkan wasit dan hakim yang diarahkan memberikan penilaian objektif agar terjaring petinju yang nantinya menjalani pemusatan latihan (tc), selanjutnya diterjunkan di Popmal III dengan harapan mengukir prestasi terbaik.

"Tinju merupakan salah satu cabang olahraga yang diandalkan mendulang medali emas guna mempertahankan juara umum diraih dua penyelenggaraannya sebelumnya," ujar Brury.

Dia mengakui, seleksi ini dimanfaatkan untuk mengevaluasi pembinaan di masing - masing sasana guna menggairahkan generasi muda menekuni cabang olahraga ini.

Pengkot Pertina Ambon juga mengevaluasi keaktifan 17 sasana dan saat ini yang masih bertahan delapan.

Apalagi, hasil Popmal III juga dimanfaatkan Pengprov Pertina Maluku untuk memantau para petinju berbakat sebagaimana arahan ketuanya, Sam Latuconsina.

Petinju yang terjaring nantinya dibina dan diseleksi untuk mewakili Maluku di pra PON 2015.

"Hasil Popmal III juga dijaring untuk nantinya berlaga di kejuaraan terbuka memperebutkan piala Gubernur Maluku, Said Assagaff dijadwalkan di Ambon pada pertengahan Januari 2014," kata Brury Nanulaitta.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014