Ambon (Antara Maluku) - Kantor Kementerian Agama Kota Ambon mencatat 2.000 orang lebih nama warga setempat yang akan berhaji ke Arab Saudi masuk dalam daftar tunggu calon haji (calhaj) dengan perkiraan sampai tahun haji 2023.

"Dari daftar tunggu calhaj yang sudah diperkirakan ini sesuai dengan pengurangan 20 persen jatah kuota Kota Ambon dan itu sudah berlangsung sejak dua tahun belakangan ini yakni pada 2014 sebanyak 238 orang dari embarkasi Makasar pada September 2014," kata Kasi Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Haji Kankemenag Kota Ambon, Husein Sahiri di Ambon, Kamis.

Dia menjelaskan, Kankemenag Kota Ambon selalu berharap kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah Maluku untuk mengupayakan agar kuota haji Provinsi Maluku jangan dengan jumlah kuota saat ini karena ini akan merugikan kuota asal Kota Ambon.

"Sebaiknya penentuan kuota haji disesuaikan saja dengan rasio penduduk dengan perbandingan satu jamaah haji berbanding 10.000 jumlahnya, dengan demikian penduduk Maluku sekarang ini tercatat satu juta lebih dengan demikian selayaknya kuota haji Maluku harus berjumlah 1.000 orang/tahun, bukan 710 orang dari tahun - ke tahun," ujarnya.

"Kenapa demikian, hal itu sangat beralasan sebab ditetapkan berdasarkan aturan Pemerintah yakni penetapan kuota haji ditetapkan berdasarkan perbandingan penduduk 1:10.000," katanya.

Dia mengatakan, sebetulnya Provinsi Maluku harus mendapatkan kuota 1.000 orang lebih sesuai aturan.

Dia menambahkan, kegiatan haji bukan hanya satu kegiatan pribadi bagi orang yang melaksanakan ibadah haji, tetapi ketika haji dilihat dalam konteks sosial maka sangat bagus karena itu kuota jangan dikurangi khususnya Maluku.

Daftar tunggu itu, menurut dia, juga belum bisa dipastikan sebab pihaknya khawatir dengan pengurangan jatah kuota haji Indonesia sebesar 20 persen, maka apakah hal itu masih dilakukan tahun depan atau tidak.

"Maka, bisa saja daftar tunggu calon haji Kota Ambon akan terus bertambah hingga sampai dengan tahun 2023/2024," ucapnya.

Menyinggung soal jumlah pendaftar, dia mengatakan bahwa setiap hari ada saja warga yang datang mendaftar. Bahkan, hingga hari ini jumlah warga yang masuk daftar tunggu calon haji terus bertambah.

"Pokoknya tiap hari ada saja warga muslim yang datang untuk mendaftar untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci," ujarnya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014