Ternate (Antara Maluku) - Sebanyak 1.229 atlet dari sembilan kabupaten/kota di Maluku Utara berpartisipasi pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2014 yang dibuka Gubernur Maluku Utara (Malut) di Gelora Kieraha, Ternate, Minggu.

Ketua Harian KONI Maluku Utara Abuhari Hamzah mengatakan Porprov Malut akan berlangsung selama delapan hari mempertandingkan 22 cabang olahraga.

Usai pembukaan kata dia, berbagai cabang olahraga akan langsung dipertandingkan di antaranya sepakbola, bulu tangkis, tinju, catur, dan futsal.

Dari sembilan kabupaten/kota yang berpartisipasi pada Porprov, enam daerah mengirim atlet paling banyak yakni Kota Ternate 331 orang, Halmahera Utara 221, Halmahera Selatan 204, Halmahera Barat 197, dan Tidore Kepulauan 143 orang.

Abuhari menambahkan untuk arena yang disiapkan panitia, 13 lokasi termasuk di Tikep, karena cabang olahraha bermotor itu dilaksanakan di Tidore Kepulauan, sedangkan yang lainnya di Ternate.

Abuhari mengklaim persiapan terkait pelaksanaan Porprov I Malut tahun 2014 sudah maksimal termasuk arena pertandingan, keamanan serta kenyamanan atlet yang akan bertarung.

"Ketua Umum KONI juga sudah mengkonfirmasi untuk hadir, namun pembukaan akan dilakukan oleh gubernur, karena Menteri Pemuda dan Olahraga dijadwalkan keluar negeri," katanya.

Sementara itu Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba menyatakan iven sepekan yang dipusatkan di Kota Ternate dan Tidore Kepulauan ini diharapkan bisa melahirkan bibit-bibit olahragawan berprestasi bagi di tingkat nasional maupun internasional.

"Kami harap iven ini bisa melahirkan atlit yang mampu mewakili Provinsi Malut di arena PON Jawa Barat tahun 2016 dengan meraih medali emas, karena setiap kali keikutsertaan Malut di arena PON selalu berada di posisi juru kunci," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014