Ternate (Antara Maluku) - Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Utara mengembangkan desa wisata dalam upaya meningkatkan mempromosikan berbagai potensi wisata yang dimiliki daerah ini, terutama di berbagai desa.

"Untuk mengembangkan sejumlah Desa maupun Kelurahan di Malut untuk mengadopsi strategi dalam mempromosikan potensinya, maka sejumlah personel diberikan pendidikan khusus mengenai pengembangan desa wisata," kata Kadis Pariwisata Malut, Samin Marsaoly di Ternate, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya telah mengikutsertakan empat peserta dalami pelatihan dan studi banding kegiatan serupa di Pentingsari, Kabupaten Sleman Jokjakarta.

Desa Pentingsari dipilih sebagai lokasi pelatihan karena memiliki tiga aspek sangat diandalkan yakni keunikan alam, sistem kerja dan pemberdayaan masyarakat, selain keanekaragaman vegetasi yang tetap dilestarikan dan keberadaan berbagai potensi wisata yang menjadikan desa ini tak pernah sepi pengunjung.

Para pengunjung ini berasal dari banyak kota di Jawa maupun luar Jawa seperti Jakarta, Bandung, Riau juga Kalimantan. Selain itu, wisatawan luar negeri seperti dari Eropa, Asia dan Amerika mengunjungi Desa Wisata Pentingsari.

"Kami memiliki target dan perencanaan yang matang, dengan harapan para peserta bisa mengembangkan potensi yang ada di masing-masing wilayahnya," katanya.

Ia menambahkan, saat ini potensi wisata seperti pulau Widi, Lelei dan Pulau Nusa Raa di Kabupaten Halmahera Selatan dan berbagai potensi andalan wisata di berbagai kabupaten/kota di Malut akan terus dipromosikan dan dilestarikan, sehingga menarik minat wisatawan datang ke Malut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014