Ambon (Antara Maluku) - Telkomsel cabang Ambon akan melakukan penambahan 60 Base Transceiver Station (BTS) di provinsi Maluku tahun 2015.

"Penambahan BTS baru di Maluku merupakan upaya peningkatan kapasitas jaringan dan optimalisasi pelanggan sehingga kami akan menambah 60 BTS," kata General Manager Telkomsel Ambon, Joseph Dangeubun, Rabu.

Menurut dia, penambahan 60 BTS baru terdiri dari BTS 3G dan 2G untuk memperkuat jaringan di kota Ambon serta beberapa kabupaten dan kota lainnya di Maluku.

BTS baru tersebut, katanya akan mencakup kota Ambon sebanyak 49 BTS 3G dan kabupaten dan kota yang selama ini belum terjangkau penuh olah layanan Telkomsel seperti sejumlah kecamatan dan desa di wilayah perbatasan.

"Untuk kota Ambon kita memperkuat BTS 3G karena populasi pemakaian yang cukup padat, sehingga diperlukan penambahan kapasitas," katanya

Joseph mengakui, penambahan BTS merupakan bagian perbaikan layanan ke pelanggan yang mengeluhkan ketidaknyamanan gangguan jaringan.

Sebagian kecamatan dan desa belum terjangkau layanan Telkomsel, karena terkendala lokasi yang berada di antara gunung dan laut, tetapi pihaknya berupaya agar tahun 2015 akan terjangkau layanan.

"Kami telah melakukan survei ke sejumlah kecamatan dari 11 kabupaten dan kota di Maluku, umumnya mereka mengeluhkan gangguan jaringan dan tidak tersedianya layanan data dan suara," ujarnya.

Dikatakannya, BTS yang telah dibangun di provinsi Maluku sebanyak 304 menara (side) 2G, 3G maupun GSM, sedangkan untuk total keseluruhan sebanyak 600 BTS.

"Kami fokus melakukan penambahan BTS di provinsi Maluku, guna optimalisasi pelanggan yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya," kata Joseph.

Ia menyatakan dari sisi kualitas layanan, pihaknya akan melakukan peningkatan layanan pelanggan dan keterbatasan produk guna memenuhi komunikasi pelanggan.

"Kami bersyukur saat ini pemenuhan jaringan telah tersambung dengan kabel fiber optik untuk wilayah Pulau Ambon, sehingga kualitas suara maupun data semakin bai, ujarnya".

Ditambahkannya, total hingga saat ini penggunaan data untuk masyarakat Ambon mencapai 400 mbps dari kuota yang tersedia sebanyak satu GB

"Pemenuhan kebutuhan kami berupaya meningkatkan distribusi produk maupun keterbatasan layanan saat kondisi normal," kata Joseph.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015