Ambon (Antara Maluku) - Tim seleksi siap melakukan pleno hasil tes wawancara calon panitia pengawas (Panwas) Seram Bagian Timur dan Kepulauan Aru, Maluku.

"Kami dikoordinasikan tim seleksi pleno hasil tersebut pada 28 Februari 2015," kata Sekretaris Bawaslu Maluku, Ronny Simatauw, dikonfirmasi, Jumat.

Hasil pleno nantinya disampaikan kepada Bawaslu Maluku untuk menetapkan waktu guna pelaksanaan tes kepatutan dan kelayakan bagi calon Panwas dari dua kabupaten tersebut.

"Mudah - mudahan tes kepatutan dan kelayakan dilaksanakan pada pekan depan sehingga Panwas SBT maupun Kepulauan Aru segera terbentuk guna mengawasi tahapan Pilkada dua Kabupaten dijadwalkan pada Desember 2015," ujarnya.

Sedikitnya 12 calon Panwas SBT telah mengikuti tes wawancara di Bula, ibu kota Kabupaten setempat pada 17 Februari 2015.

Kepulauan Aru diselenggarakan di Dobo, ibu kota Kabupaten setempat pada 24 Februari 2015.

Calon Panwas dari SBT adalah Muhammad Saleh Tianotak, Muhamad Kasim Rumakey, Ismail Kilwalaga, Achmad Kilwalaga, Siti Rania Tuanaya, Muhammad Basri Keliwawa, Musa Rumakat, Hairudin Rumbouw, Ridwan Rumdnin, Irmawaty Derlen, Mohammad Yusran Buatan dan Kapitan Kelibai.

Sedangkan Kepulauan Aru adalah Oktovianus Kesaulya, Muhamad Ramli, Derek Semuel Onaola, Albert Wakim, Baco Djabumir, Any Helena Badalwaer, Mokzeng Sinamur, Noortje Pauline Tomasila, Yordan Boro Bahhy dan Demianus Labok.

Ronny mengemukakan, Bawaslu Maluku juga mengarahkan seleksi calon Panwas Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Buru Selatan karena bersama Kepulauan Aru maupun SBT masuk gelombang pertama Pilkada serentak sesuai pengesahan DPR - RI melalui UU No.1/2015.

Pilkada gelombang pertama dilaksanakan pada Desember 2015 untuk daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada 2015 dan semester pertama 2016.

Gelombang kedua dilaksanakan pada Februari 2017 untuk daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada semester kedua 2016 dan pada 2017.

Masa jabatan Bupati Kepulauan Aru pada 26 Oktober 2015 dan SBT 10 September 2015.

Ia menambahkan, Bawaslu Maluku juga sedang mempersiapkan seleksi Panwas Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Buru Selatan.

Masa jabatan Bupati - Wakil Bupati MBD pada 26 April 2015, sedangkan Buru Selatan 22 Juni 2016.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015